PENGARUH TAMPILAN TUTORIAL MENDONGENG ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DONGENG PADA ORANGTUA YANG ANAKNYA MENGALAMI KETERLAMBATAN MEMBACA DI DEPOK
Abstract
This research is an online seminar activity conducted in Depok Jawab Barat. The seminar participants were 12 participants who were parents of children who had a delay in reading. The purpose of this research is to find out how much influence the appearance of video tutorial storytelling has on storytelling understanding among parents who attend seminars. Researchers conducted a study measuring the effect of online video tutorial viewing on the ability of parents to understand storytelling material submitted by online seminar presenters and the result is that there is an influence of online storytelling tutorial views on the ability of parents to understand the storyteller through online evidenced through a simple regression trial where the value of more than 0.005 sehinggga can be concluded that the average test of understanding marteri storytelling is "equal" significantly.
Penelitan ini merupakan kegiatan seminar daring yang dilakukan di Depok Jawab Barat. Peserta seminar berjumlah 12 peserta yang merupakan orangtua dari anak yang mengalami keterlambatan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tampilan video tutorial mendongeng terhadap pemahaman mendongeng di kalangan orangtua yang mengikuti seminar. Peneliti melakukan penelitian mengukur pengaruh tampilan video tutorial daring terhadap kemampuan orangtua memahami materi mendongeng yang disampaikan pemateri seminar daring dan hasilnya adalah Terdapat pengaruh tampilan tutorial mendongeng daring terhadap kemampuan orangytua memahami matei doneng yang disampaikan pemateri melalui online yang dibuktikan melalui sebuah uji coba regrasi sederhana diamana nilai signifikans lebih dari 0.005 sehinggga dapat disimpulkan bahwa rata-rata uji pemahaman marteri mendongeng adalah “sama” secara signifikans.
Kata Kunci: Tampilan tutorial mendongeng on-line, Nilai Pemahaman materi dongeng, orangtua yang anaknya mengalami keterlambatan membaca
Full Text:
PDFReferences
Choirina, V. N. (2020). Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 63–69. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31354
HS Aji, R. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(pendidikan), 2–10. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, S., & Nurfalah, Y. (2008). STRATEGI PEMBELAJARAN PAUD MELALUI METODE DONGENG BAGI PENDIDIK PAUD. JIV, 3(2), 198–203. https://doi.org/10.21009/JIV.0302.11
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal studi Guru dan pembelajaran, 3(Pendidikan), 1–7.
N Mawadah, N. (2019). IMPLEMENTASI METODE MENDONGENG KAK AWAM PRAKOSO DALAM MENYAMPAIKAN PESAN MORAL PADA ANAK USIA DINI. UIN Syarief Hidayahtullah Jakarta.
Olivia, F. (2010). Mendampingi Anak Belajar (Vol. 1). Elex Media Komputindo.
Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, K. (2016). Diklat dan Pemeliharaan Rusunawa (1st ed., Vol. 1). Kementrian Pekerjaan Umum dan Pembangunan.
Purwnato, A., & Purnomo, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edu Psy Couns Journal, 2(pendidikan), 1–13.
Redahana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Seminar Socatres Terhadap hasil Selajar Siswa. Jurnal Cakrawala pendidikan.
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Spaulding, E. amy. (2011). The art of storytelling: Telling truths through telling stories (Vol. 49). http://choicereviews.org/review/10.5860/CHOICE.49-1610
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pengembangan Research and Development (1st ed., Vol. 1). ALVABETA.
Utomo, S. B. (2013). Mendongeng Dalam Perspektif Pendidikan. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 3(01). https://doi.org/10.25273/ajsp.v3i01.901
Refbacks
- There are currently no refbacks.