PERSEPSI GURU-GURU TENTANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA MEWABAH VIRUS SARS-CoV-2 DI JAKARTA

Yuliana Yuliana, Harlinda Syofyan

Abstract


The background of this research is the curiosity of teachers' experiences in Jakarta after six months of implementing PJJ. The formulation of the problem is What is the perception of teachers about distance learning during the SARS-CoV-2 virus outbreak in Jakarta?With the aim of research to determine the phenomenon of Distance Learning in West Jakarta. Using a qualitative research method with a phenomenological approach, by means of interviews and questionnaires for eleven respondents. Phenomenology tells about a series of events that have meaning in the lives of a group of individuals. With qualitative data analysis in representative narrative with 11 respondents. The result of the Phenomenology Data Analysis is a distance learning process, in Jakarta it is something that must be carried out to continue to provide learning for elementary students, because Jakarta is a COVID-19 red zone area. Teachers work without classrooms that used to be places for teaching and learning. With the confidence to continue to dedicate themselves to teaching students, teachers are able to motivate students. Many teachers try to deliver material using Whatsapp, Google Classroom, Youtube, by taking videos or holding virtual meetings using Google Meet or Zoom. All teachers stated that there were obstacles in PJJ. Three teachers stated that this learning was effective with the help of parents as companions for elementary students. Seven teachers stated that this PJJ learning could be evaluated or scored. Four teachers who wanted face-to-face meetings, during the COVID-19 outbreak. The meaning of the experiences of the teachers in PJJ here is that the teacher is able to motivate students and conduct learning, even though there are obstacles, the small effectiveness of learning can still be overcome with the cooperation of parents. Teachers' suggestions, to keep looking for new alternatives to solve PJJ problems.

Keywords: Learning, PJJ, Education, COVID-19, Teachers, Students, Home Learning

 

Latar Belakang dari penelitian ini adalah keingin tahuan tetang pengalaman guru di Jakarta setelah enam bulan melaksanakan PJJ. Rumusan masalah adalah Bagaimana persepsi Guru-guru tentang pembelajaran jarak jauh pada masa mewabah virus SARS-CoV-2 di Jakarta? Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui fenomena Pembelajaran Jarak jauh di Jakarta Barat. Menggunakan metode penelitian Kualitatif pendekatan Fenomenologi, dengan cara wawancara dan kuesioner untuk sebelas responden. Fenomenologi menceritakan tentang rangkaian peristiwa yang memiliki makna dalam kehidupan sekelompok individu. Dengan Analisis data kualitatif dalam narasi representatif dengan 11 responden. Hasil dari Analisis Data Fenomenologi adalah proses pembelajaran jarak jauh, di Jakarta adalah hal yang harus dilaksanakan untuk tetap mengadakan pembelajaran bagi siswa SD, di karenakan Jakarta adalah wilayah Zona merah COVID-19. Guru-guru bekerja tanpa ruang kelas yang dahulu menjadi tempat belajar mengajar. Dengan kepercayaan diri untuk tetap mendedikasikan dirinya mengajar siswa, para guru mampu memotivasi siswa. Banyak Guru yang berusaha menyampaikan materi dengan Whatsapp, Google Classroom, Youtube, dengan pengambilan Video atau melalukan pertemuan virtual menggunakan Google Meet atau Zoom. Semua guru menyatakan ada kendala dalam PJJ. Tiga orang guru menyatakan pembelajaran ini efektif dengan bantuan orang tua sebagai pendamping siswa SD. Tujuh guru menyatakan pembelajaran PJJ ini bisa di evaluasi atau di nilai. Empat guru yang menghendaki pertemuan tatap muka, pada masa mewabah COVID-19. Makna dari pengalaman para guru dalam PJJ disini, guru mampu memotivasi siswa dan mengadakan pembelajaran, walau ada kendala, efektifitas belajar yang kecil pembelajaran masih bisa di atasi dengan kerjasama orang tua. Saran para guru, untuk tetap mencari alternativ baru untuk menyelesaikan permasalahan PJJ.
Kata kunci: Pembelajaran, PJJ, Pendidikan, COVID-19, Guru, Siswa, Belajar di ruma


Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2020). Hal yang Perlu Dipertimbangkan Guru Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Artikel Ruang Guru. Retrieved from https://blog.ruangguru.com/hal-yang-perlu-dipertimbangkan-guru-selama-pembelajaran-jarak-jauh

Azis, I. (2020). No Mengenal Google Classroom: Fungsi dan Cara Menggunakannya. Artikel Tirto, (Maret). Retrieved from https://tirto.id/mengenal-google-classroom-fungsi-dan-cara-menggunakannya-eG7S

Bona, M. F. (2020). FSGI: Semua Siswa Harus Naik Kelas Selama Pandemi. Arikel Berita Satu, (Mei). Retrieved from https://www.beritasatu.com/irawati-diah-astuti/nasional/638925/fsgi-semua-siswa-harus-naik-kelas-selama-pandemi

CNN. (2020). Sekolah Diliburkan, Anies Minta Guru Mengajar dari Rumah. Artikel CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200317142241-20-484195/sekolah-diliburkan-anies-minta-guru-mengajar-dari-rumah

Dwiastono, R. (2020). Sudah Efektifkah Metode Belajar dari Rumah di Tengah Pandemi di Indonesia? Artikel Ovaindonesia, (Mei). Retrieved from https://www.voaindonesia.com/a/sudah-efektifkah-metode-belajar-dari-rumah-di-tengah-pandemi-di-indonesia-/5428393.html

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249–263.

Harususilo, Y. E. (2020). Kurikulum Darurat, 2 Hal Ini Jadi Tolok Ukur Penilaian Siswa Selama Pandemi. Artikel Kompas.Com, (Agustus). Retrieved from https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/08/111600371/kurikulum-darurat-2-hal-ini-jadi-tolok-ukur-penilaian-siswa-selama-pandemi

Lastri, T. P. (2016). Peran Guru Dalam Pembelajaran IPA. Retrieved from http://lestarysnote.blogspot.com/2016/03/peran-guru-dalam-pembelajaran-ipa.html

Makarim, N. (2020). Nadiem: Banyak Sekali Guru Kesulitan Kelola Pembelajaran Jarak Jauh. Artikel Liputan6.Com, (Agustus). Retrieved from https://www.liputan6.com/news/read/4325493/nadiem-banyak-sekali-guru-kesulitan-kelola-pembelajaran-jarak-jauh

Mediana. (2020). Survei KPAI: Siswa Tidak Bahagia dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Artikel Bebas.Kompas. Retrieved from https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/04/27/survei-kpai-siswa-tidak-bahagia-dengan-pembelajaran-jarak-jauh/

Nugroho, A. (2020). Berkah COVID-19. Artikel Badan Kepegawaian Negara BKN. Retrieved from https://pusbangasn.bkn.go.id/berkah-covid-19/

Pane, dr. M. D. C. (2020). Virus Corona (COVID-19). Artikel Alodokter. Retrieved from https://www.alodokter.com/virus-corona

Putri, S. T., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02. Dinamika Sekolah Dasar, (X), 1–11. Retrieved from https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/ipa/article/view/14/41

Rahel Narda C, N. D. co. (2020). Kemendikbud soal Kendala Belajar di Rumah: Materi Ajar-Rumah Tak Kondusif. Artikel DETIK. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4960285/kemendikbud-soal-kendala-belajar-di-rumah-materi-ajar-rumah-tak-kondusif?single=1

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., … Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susanto, R., Syofyan, H., & Rachmadtullah, R. (2020). Teacher Leadership in Class on The Formation of School Values and Characters of School-Ages. Jurnal Research Gate, (April). https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290861

Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi Di Sd Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 134. https://doi.org/10.21009/jpd.061.12

Syofyan, H., & Halim, A. (2016). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas V di SDN 3 Kreo Tangerang ) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, 966–976.

Syofyan, H., & Ismail. (2018). Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran IPA Innovative And Interactive in Science Learning. Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65–75. Retrieved from http://ojs.unida.ac.id/index.php/QH/article/view/1189

Syofyan, H., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2019). Use of Integrated Thematic Teaching Materials Based on Problem Solving in Natural Science Learning in Elementary Schools. https://doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282034

Syofyan, H., Susanto, R., Duriana, Y., & Tesaniloka, M. (2019). Science Literacy Assistance in Learning At Sdn Jelambar Baru 01 Pagi. Sinergitas PkM & CSR, 4(1), 86–93. Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/JSPC/article/view/2093

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154


Refbacks

  • There are currently no refbacks.