ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA PERGURUAN TINGGI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Dias Setyawan, Suci Nora Julina Putri, Dini Resita Putri

Abstract


This study aims to find out the online learning of universities during the Covid-19 pandemic. This research is descriptive with data collection through literature studies. Data analysis techniques used content analysis by conducting studies and interpretations of data sources that have been collected. Based on the results of research and discussion on the learning process in universities during the Covid-19 pandemic is carried out well by lecturers and students. The process of online learning at the college level is not experiencing difficult obstacles, because there are already several universities that have initiated online learning before the Covid-19 pandemic in Indonesia.
Keywords: Online learning, Higher Education, Covid-19.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dalam jaringan (daring) perguruan tinggi selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dengan melakukan studi dan penafsiran terhadap sumber data yang telah dikumpulkan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai proses pembelajaran pada perguruan tinggi selama masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan baik oleh dosen dan mahasiswa. Proses pembelajaran daring dalam tingkat perguruan tinggi tidak mengalami kendala yang begitu sulit, karena terdapat sudah beberapa perguruan tinggi yang telah menginisiasi pembelajaran daring sebelum pandemi Covid-19 di Indonesia.
Kata Kunci: Pembelajaran daring, Perguruan Tinggi, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Afolabi, A. A. 2015. Availability of Online Learning Tools and the Readiness of Teachers and Students towards it in Adekunle Ajasin University, Akungba-akoko, Ondo State, Nigeria. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 610–615.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. 2007. E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99–113.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Limani, Y., Hajrizi, E., Stapleton, L., & Retkoceri, M. 2019. Digital Transformation Readiness in Higher Education Institutions (HEI): The Case of Kosovo. IFAC-PapersOnLine, 52(25), 52–57.

Mansur, N. 2017. Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 3(2), 107–115.

Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. 2020. Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47–56.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Nahar, N. I. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1). Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94

Perpres No 8,. 2012. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012.

Pingle, S. S. 2011. Higher Education Students Readiness for E-Learning. Techno Learn, 1(1), 155–165.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. 2020. Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152.

Sadikin, B., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. 2020. Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Menggunakan E-Learning dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1).

Suliyanto (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. In: Pelatihan Metodologi Penelitian, Universitas Peradaban.

Ünal, Y., Alır, G., & Soydal, I. 2014. Students Readiness for E-Learning: An Assessment on Hacettepe University Department of Information Management. 423, 137–147.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.