PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SECARA ONLINE

Selli Wahyuningrum, Reza Putri Hardiyanti, Lidya Octaveny Erpa Pardede, Razela Regina Putri, Mujazi Mujazi

Abstract


Kompetensi utama yang harus di miliki seorang guru adalah kompetensi pedagogik. kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban secara bertanggung jawab dan layak.semakin baik kompetensi pedagogik guru akan semakin baik pula kemampuan yang akan di milikinya. kompetensi pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di milikinya..
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar,
Dengan adanya pandemi covid 19 ini semua kegiatan pembelajaran sekolah di lakukan secara online. Tugas yang diberikan guru lewat online dikerjakan dengan baik. Hari-hari terus berjalan dan setelah hampir tujuh bulan siswa harus mengikuti pembelajaran online, semangat mereka menurun. Semangat mereka sudah tidak seperti minggu pertama, tugas-tugas masuknya terlambat, bahkan ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas. Guru dapat memberikan materi pembelajaran dengan lebih menarik dan tidak hanya memberikan tugas atau soal saja. Guru dapat membuat power point atau video pembelajaran, atau memberikan contoh-contoh perhitungan agar siswa memahami materi yang disampaikan.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik,Motivasi Belajar,Pembelajaran Online

 

The main competence that a teacher must have is pedagogical competence. Pedagogic competence is the ability of a teacher to carry out obligations in a responsible and proper manner. The better the pedagogic competence of the teacher, the better the abilities he will have. Pedagogic competence is the ability to understand students, design and implement learning, evaluate learning outcomes, and develop students to actualize their various potentials.
Motivation to learn is the overall driving force in students that gives rise to learning activities, which ensures the continuity of learning activities and provides direction for learning ac With the covid 19 pandemic all school learning activities are being carried out online. The assignment given by the teacher via online was done well. The days go on and after nearly seven months of students having to take part in online learning, their morale drops. Their enthusiasm is not like the first week, their assignments are late, there are even students who do not submit assignments. The teacher can provide learning material in a more interesting way and not only give assignments or questions. The teacher can make power points or learning videos, or provide examples of calculations so that students understand the material presentedtivities.
Keywords: Pedagogic Competence, Learning Motivation, Online Learning


Full Text:

PDF

References


Prasojo, Lantip Diat; & Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Abdulhak, Ishak; & Darmawan, Deni. 2005. Teknologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. 2016. "Implementation of Religious Education in the Constitution of the Republic of Indonesia," Salam: Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 3 No. 3.

http://rnauliarahmi.blogspot.com/2015/05/contoh-abstrak.html?m=1cara-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-daring-akibat-pandemi-covid-19

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas Iv. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178. Diakses pada 3 Desember 2020.

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2124–2132. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010. Diakses pada 5 Desember 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.