KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Kompetensi pedagogik guru yang kreatif mampu mengelola dan menjalankan suatu pembelajaran, mampu memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang, mampu melaksanakan penilaian yang sesuai dengan kemampuan siswa, serta pengembangan potensi siswa dengan baik. Dengan adanya variasi dan kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran, dapat terciptanya suasana belajar mengajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan strategi pembelajaran yang kreatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode grounded theory berlokasi di SDN Jurumudi 5 Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru pada kelas V SDN Jurumudi 5 Kota Tangerang dengan menggunakan strategi pembelajaran yang kreatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, meliputi pemahaman peserta didik, rancangan dan pelaksanaan dalam proses pembelajaran, evaluasi proses dan hasil pembelajaran, dan pengembangan peserta didik dalam berbagai potensi yang dimiliki. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan kreatifitas pembelajaran Bahasa Indonesia, yakni: kurangnya sarana dan prasarana dalam belajar mengajar, adanya perbedaan karakter yang dimiliki oleh siswa, dan kurangnya minat guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kreatifitas dengan kompetensi guru hal ini dapat menunjukkan bahwa jika kreatifitas ditingkatkan maka kompetensi guru akan meningkat dan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilaksanakan dengan suasana yang lebih menyenangkan.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Kreatif dan Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Emzir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kauntitatif & Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Judiani, S. (2016). Kreativitas Dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 56–69. Retrieved from https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/7
Kumala, V. M., Susilo, J., & Susanto, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan Kompetensi Pedagogik serta Perbedaannya di Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. SNIPMD, 1(1), 170–181. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0,5&cluster=15630281885165716948
Melinda, I., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elemntary Education, 2(2), 81–86. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/download/14408/8786
Muttaqin, Z., Sawaludin, & Saddam. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 43–49. Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352. Retrieved from jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F%0A
Putra, B. I., & Nst, M. L. (2018). Pemgaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI MIA SMA N 13 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 1–8. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/5560
Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterempilan Manajemen Kelas terhadap Perilaku Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4(2), 220–229. Retrieved from http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/178
Susanto, R. (2017). Analisis Keterkaitan Kepemimpinan Guru Di Kelas Dan Pola Pendekatan Bimbingan Terhadap Pembentukan Nilai Dan Karakter Anak Didik Usia Sekolah Dasar. Proseding Inovasi PGSD, 1(1), 164–178. Retrieved from http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/Prosiding/article/view/37/0
Susanto, R., Agustina, N., & Rozali, Y. A. (2020). Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province ). Elementary Education Online, 19(3), 167–182. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.114
Susanto, R., & Rachmadtullah, R. (2019). Model Of Pedagogic Competence Development : Emotional Intelligence And Instructional Communication Patterns. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 8–11. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-17224-2. Model-Of-Pedagogic-Competence-Development-Emotional-Intelligence-And-Instructional-Communication-Patterns.Image.Marked.pdf
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and Pedagogical Models : Analysis of Factors and Measurement of Learning Outcomes in Education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-15675-11_0432.pdf
Susanto, R., & Rozali, Y. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik. (Y. N. I. Sari, Ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers : Pedagogical Knowledge , Reflective Ability , Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2124–2132. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010
Taufik, A., & Aini, N. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru dengan Strategi Pembelajraan Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Journal PGMI, 11(1), 1–18. Retrieved from https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1902
Tedjawati, J. M. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study : Kasus Di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 480–489. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/119654-none-450a19ab.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.