PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGODIK BERBASIS KEMAMPUAN REFLEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF

Wulandari Wulandari, Bunga Lutfirana, Nurul Widiati, Indah Andita Putri, Ratnawati Susanto

Abstract


Pedagogic competence is the ability of students to understand and manage educational learning and dialogue. Reflective ability is the practice of collecting data about the learning process, this data becomes material for reflection on the role of the teacher, the role of students, and how to interact and process. Reflective can also be defined as learning activities related to the role of the teacher, which can be evaluated and given feedback through a series of activities. The One - Shoot Case Study experimental method becomes a study in which a group is given treatment and the results are observed. The results showed that pedagogic competence based on reflective abilities can achieve student learning outcomes in the cognitive domain.
Keywords: Pedagogic Competence, Reflective Ability, Student Learning Outcomes, Cognitive, One-Shoot Case Study Method

 

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan pemahaman siswa dan pengelolan pembelajaran pendidikan dan dialog. Kemampuan reflektif merupakan praktik mengumpulkan data tentang proses pembelajaran, data tersebut menjadi bahan refleksi tentang peran guru, peran siswa, serta cara berinteraksi dan proses. Reflektif juga dapat diartikan sebagai kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan peran guru, yang dapat dievaluasi dan diberikan umpan balik melalui serangkaian kegiatan. Metode eksperimen One – Shoot Case Study menjadi suatu penelitian dimana terdapat suatu kelompok diberi treatment (perlakuan) dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik berbasis kemampuan reflektif dapat mencapai hasil belajar siswa pada ranah kognitif.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kemampuan Reflektif, Hasil Belajar Siswa, Kognitif, Metode One – Shoot Case Study


Full Text:

PDF

References


Hardianti, T. (2018). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalam pembelajaran fisika SMA. 25, 557–561.

Kumala, V. M., Susilo, J., & Susanto, R. (2018). Sekolah Swasta. Hubungan Pengetahuan Pedagogik Dengan Akaompetensi Pedagogik, 1–23.

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.295

Nuriana, K., Pujiastuti, E., & Soedjoko, E. (2018). Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas vii ditinjau dari gaya kognitif pada model pembelajaran pbl. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2020). Pedagogic Competence Development Model: Pedagogic Knowledge and Reflective Ability. 422(Icope 2019), 19–23. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.082

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, O., & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susanto, R., & Unggul, U. E. (2020). Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province ). 19(3), 167–182. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.114

Syofyan, H., Susanto, R., & Set, R. (n.d.). PKM Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa. 3(3), 26–33.

Susanto,Ratnawati dan Rozali,Yuli.Asmi.2020. “ Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran “ Kota Depok


Refbacks

  • There are currently no refbacks.