ANALISIS KOMPETENSI MAHASISWA PGSD 2017 DALAM PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DI SDN GROGOL 05 PAGI

Dedy Kurniawan, Ibnu Aji Saputra, Maya Tahta Alfina, Mitha Uji Ramadhanti, Harlinda Syofyan

Abstract


Program pengalaman lapangan merupakan program kegiatan terencana, terprogram, dan terbimbing melalui kegiatan magang di sekolah bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program ini juga bertujuan untuk menunjang tercapainya penguasaan kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional. Melalui program ini, mahasiswa dipersiapkan agar bisa menjadi lulusan yang berkompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mahasiswa PGSD 2017 Universitas Esa Unggul dalam kegiatan program pengalaman lapangan di SDN Grogol 05 Pagi. Sebagai calon pendidik, mahasiswa harus memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk menunjangnya penguasaan kompetensi. Kompetensi merupakan seperangkat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam kebutuhan pendidikan di sekolah agar dapat menjalankan tugasnya secara profesional. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa PGSD angkatan 2017 yang telah mengambil mata kuliah program pengalaman lapangan di SDN Grogol 05 Pagi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui lembar Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) pada nilai rekapitulasi akhir mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa PGSD 2017 yang menjalankan program pengalaman lapangan di SDN Grogol 05 Pagi memiliki kompetensi sebagai calon pendidik dengan kriteria baik.
Kata kunci: Program Pengalaman Lapangan , Kompetensi Guru , Kompetensi Mahasiswa PGSD

The field experience program is a program of planned, programmed, and guided activities through internships in schools for students of the Teacher Training and Education Faculty. This program also aims to support the achievement of mastery of personal, social, pedagogic and professional competences. Through this program, students are prepared to become competent graduates. This study aims to determine the competence of PGSD 2017 Esa Unggul University students in field experience program activities at SDN Grogol 05 Pagi. As prospective educators, students must have a set of knowledge, attitudes, and skills to support competency mastery. Competence is a set of abilities that teachers must have in the educational needs of schools in order to carry out their duties professionally. This research was conducted in the Elementary School Teacher Education Study Program class of 2017. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects of this study were PGSD students of class 2017 who had taken field experience courses at SDN Grogol 05 Pagi. The data collection technique in this study was through the Teacher Ability Assessment Tool (APKG) sheet on the final recapitulation scores of students. The results showed that PGSD 2017 students who run field experience programs at SDN Grogol 05 Pagi have the competence as prospective educators with good criteria.
Keywords: Field Experience Program, Teacher Competence, PGSD Student Competence

 


Full Text:

PDF

References


Imelda Tidora Sombo, Maria Novita Inya Buku, Florentina Yasinta Sepe, R. H. (2019). Persepsi Guru Pamong terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Biologi di SMP Se-Kota Kupang, 4, 77–82.

Muhammad Hasan. (2017). Kompetensi profesional guru. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi, 5.

Nurlaila safitri. (2019). Kompetensi kepribadian. KOMPETENSI KEPRIBADIAN INSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN, 6.

Ratih widya nurcahyo. (2015). Kompetensi guru. Praktik Pengalaman Lapangan Dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Dan Komputer, 4.

Syofyan, H., & Halim, A. (2016). Penerapan Meotde Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, 966–976. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/174702-ID-penerapan-metode-problem-solving-pada-pe.pdf

Syofyan, H., Rahmania, Y., & Vebryanti. (2020). Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD. Pendidikan Dasar. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15304

Wahyu bagya sulfemi. (2019). Kemampuan pedagogik guru. Kemampuan Pedagogik Guru, 1.

Widi Astuti. (2015). Program Pengalaman Lapangan. Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.