Keterampilan Menulis Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar (SD) di SLB/B.C Kasih Bunda

Maharrosy Handayani Safitri, Harlinda Syofyan, Nabilla Yolanda

Abstract


Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dapat digunakan dalam komunikasi langsung dan tidak langsung. Siswa tunarungu ini dapat mengembangkan keterampilan menulisnya melalui latihan menulis kontekstual. Kegiatan menulis memungkinkan guru untuk menanamkan sikap positif pada siswanya. Keterampilan menulis ini memungkinkan siswa untuk berlatih melalui berbagai kegiatan di dalam dan di luar sekolah. Guru dapat menilai kemampuan siswa berdasarkan hasil orientasi, tetapi orientasi dapat memulai pembelajaran. Ini termasuk aspek kognitif dan sikap perkembangan kepribadian. Di sini, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang berbeda. Salah satunya adalah media visual bergambar yang dapat menumbuhkan sikap positif bagi siswa tunarungu. Melalui kegiatan menulis ini, peneliti berharap dapat menemukan keterampilan menulis untuk meningkatkan proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa SLB Kasih Bunda yang terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional, dan observasi adalah penelitian lapangan yang menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang membuat dan mengolah data deskriptif seperti wawancara, catatan lapangan, dokumen foto, dan rekaman video. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan menulis siswa SLB Kasih Bunda. Kata Kunci: Tuli, Menulis, Media

Full Text:

PDF

References


Lestari, T., & Syofyan, H. (2021). Pengaruh

Penggunaan WhatsApp Terhadap Hasil

Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN Duri

Kepa 03 Jakarta Barat Pada Masa

Pandemi. Jurnal Perse, 4(2), 87–92.

https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/persed

a/article/view/1257/728

Rahma, M., Yulis, E., Pratiwi, N., Susanto, R.,

& Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan

Teknologi Informasi dan Komunikasi

untuk Mengembangkan Kompetensi

Pedagogik Guru. Eduscience: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 6(2),97–105.

https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU

-Journal-19913-11_1192.pdf

Susanto, R., Syofyan, H., Dwiyanti, K., &

Alfina Umri, C. (2019). Pkm Anak

Berkebutuhan Khusus Di Smpn 191,

Jakarta. International Journal of

Community Service Learning, 3(3),145–

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.19971

Susanto, R., Syofyan, H., Febriani, E., Nisa, M.

A., Oktafiani, O., Yolanda, Y. D., Tobing,

L. A. L., Diani, S. B., Hendrawan, B. B.,

Alfira, A., Cahyaningrum, D. E. N.,

Oktavia, H., & Nurlinda, B. D. (2021).

PKM Pemberdayaan Keterampilan Model

Komunikasi Instruksional Guru SD Duri

Kepa 05. International Journal of

Community Service Learning, 5(2), 84–

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.36635

Syofyan, H. (2018). Analisis Gaya Belajar dan

Motivasi Berprestasi terhadap Hasil

Belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76–

Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D.,

Vebryanti, V., & Tesaniloka P, M. (2019).

Pemberdayaan Guru Dalam Literasi

Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa. International

Journal of Community Service Learning,

(3), 127–132.

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018).

Pengembangan Video Interaktif pada

Pembelajaran IPA Tematik Integratif

Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal

Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371.

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154

Windasari Suci Tahan, S. H. (2018). Pengaruh

Penggunaan Media Audio Visual

Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas

IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar, 10(4), 6.

Irvan, M. (2020), Urgensi Identifikasi Dan

Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia

Dini, Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2),

Kusuma, J.W. и Hamidah (2020),

Perbandingan Hasil Belajar Matematika

Dengan Penggunaan Platform Whatsapp

Group Dan Webinar Zoom Dalam

Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa

Pandemik Covid 19, JIPMat, 5(1)

Nofianti, R. (2020), Upaya Meningkatkan

Keterampilan Motorik Halus Melalui

Kegiatan Menggunting Dengan

Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini,

Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 115–130

Raharjo, S., Ridhoi, A. и Kinanti, R.G. (2020),

Survei Tingkat Keseimbangan Statis Siswa

Tunarungu SDLB Di Kota Malang, Jurnal

Sport Science, 10(1), 53


Refbacks

  • There are currently no refbacks.