PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Dalam dunia pendidikan, manajemen kelas merupakan faktor pendukung untuk membangkitan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Sebagai guru, kita perlu mengembangkan proses pembelajaran melalui manajemen kelas yang tepat dengan kompetensi yang dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam manajemen kelas pada pembelajaran bahasa Indonesia, untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan manajemen kelas, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan manajemen kelas. Jenis pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Selain itu, data tersebut disusun dan dianalisis serta dideskripsikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru dalam manajemen kelas pada pembelajaran bahasa Indonesia, dan 2) Faktor-faktor dalam kompetensi pedagogik dalam manajemen kelas.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Manajemen Kelas, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Edy. 2019. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Melalui Supervisi Kunjungan Kelas Di Smpn 18 Dumai.” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 3 (4): 859–69. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7519.
Anzar, Safni Febri., and Mardhatillah. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik. Vol. 4.
Asrial, Syahrial, Dwi Agus Kurniawan, and Lulu Dwi Maretika. 2018. “Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi IPA Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar PGSD FKIP Universitas Jambi.” Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar IV (2): 41–49.
Dewi, Anita, and Ratnawati Susanto. 2018. “ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SDN JOGLO 04 PETANG (Studi Pre-Eksperimen).” JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA 4 (2): 230–43. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179.
Ifrianti, Syofnidah. 2018. “Membangun Kompetensi Pedagogik Dan Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study.” Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5 (1): 1–18. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2748
Indriani, Fitri. 2016. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPA Di SD Dan MI.” Fenomena 7 (1): 17. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.267.
Khair, Ummul. 2018. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2 (1): 81–98. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.
Kumala, Vivi May, Jinny Susilo, and Ratnawati Susanto. 2019. “Hubungan Pengetahuan Pedagogik Dengan Kompetensi Pedagogik Serta Perbedaannya Di Sekolah Negeri Dan Sekolah Swasta.” Prosiding SNIPMD 2018, no. March: 170–81.
Kurni, Dena Kaifal, and Ratnawati Susanto. 2018. “Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 39–45. http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/232/160.
Mandasari, Jayanti, Edi Waluyo, and Eva Harista. 2020. “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan.” LENTERNAL : Learning and Teaching Journal 1 (2): 22–30.
Melinda, Ima, and Ratnawati Susanto. 2018. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” International Journal of Elementary Education. 2 (2): 81–86.
Nengsih, Hernia Dewi. 2017. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Proses Di SD Negeri 10 Mandonga.” Wakapendik 2 (7): 1–14.
Rahayu, Reka, and Ratnawati Susanto. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 4 (2): 220–29.
Susanto, Ratnawati. 2017. “Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas Dengan Senam Otak Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa Pgsd , Fkip Universitas Esa Unggul , Jakarta .” Unisbank 3 (1): 821–29. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/articl/.../5030.
Susanto, Ratnawati, Noni Agustina, and Yuli Azmi Rozali. 2020. “Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case Study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province ).” Elementary Education Online 19 (3): 167–82. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.114.
Susanto, Ratnawati, Reza Rachmadtullah, and Widarto Rachbini. 2020. “Technological and Pedagogical Models: Analysis of Factors and Measurement of Learning Outcomes in Education.” Journal of Ethnic and Cultural Studies 7 (2): 1–14. https://doi.org/10.29333/ejecs/311.
Susanto, Ratnawati, Yuli Asmi Rozali, and Noni Agustina. 2019. “Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers : Pedagogical Knowledge , Reflective Ability , Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern.” Universal Journal of Educational Research 7 (10): 2124–2032. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010.
Susanto, Ratnawati, and Yuli Azmi Rozali. 2020. “Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik.” In , edited by Yanita Nur Indah Sari, Cetakan Ke-1, 234. Depok: PT Raja GrafindoPersada.
Susanto, Ratnawati, Harlinda Sofyan, Yuli Azmi Rozali, Mahwar Alfan Nisa, Cut Alfina Umri, Bellina Dwi Nurlinda, Oktafiani Oktafiani, and Tantri Hartika Lestari. 2020. “Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran Di SDN Duri Kepa 03.” International Journal of Community Service Learning 4 (2): 125–38. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657.
Refbacks
- There are currently no refbacks.