PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Andini Nurfathi, Kintan Prigina Wuriasih

Abstract


Sekolah merupakan tempat dimana siswa dapat belajar. Sering kita perhatikan di dalam kelas masih ada siswa yang tidak begitu semangat dalam belajar dan kurang tanggap terhadap apa yang dikatakan oleh guru. Siswa terkadang bosan dengan model pembelajaran berbasis ceramah ini, sehingga guru perlu menilai sendiri dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dalam hal ini kualitas pembelajaran di kelas dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, dan guru berperan sangat penting dalam meningkatkan minat belajar siswa, membuat siswa merasa nyaman dan terinformasi, sehingga memudahkan pembelajarannya. tercapai Sekolah harus melakukan analisis kebutuhan, menyiapkan kebutuhan yang diperlukan, merencanakan dan mengembangkan model pembelajaran. Membantu guru menggunakan media dalam pembelajaran. Pentingnya media pembelajaran bagi sistem pendidikan adalah untuk menunjang proses belajar mengajar dengan bantuan media online, jaringan komputer dan komputer stand alone. Penggunaan media pembelajaran merupakan keputusan siswa (guru) berdasarkan perencanaan atau perencanaan pembelajaran. Oleh karena itu, prinsip pengoperasiannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Sifat ini berkaitan dengan gaya visual, auditori, dan kinestetik siswa. Lingkungan belajar memegang peranan penting khususnya di sekolah dasar untuk meningkatkan minat siswa sekolah dasar dalam belajar, karena di sekolah dasar siswa masih belum dapat berpikir secara abstrak, sehingga materi yang disampaikan oleh guru benar-benar lebih baik. suasana. Bentukbentuk konkret harus divisualisasikan. bentuk sejati Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media massa dalam pembelajaran dapat mempengaruhi tiga hal yaitu guru, siswa dan proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Minat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra.

(2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran

Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa

Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS

Journal, Volume 3 No 2: 79

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002).

Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Falah. Iwan, Pemanfaatan Media dalam

Pembelajaran. Dalam Jurnal Lingkar

Widyaiswara Edisi 1 No. 4:104-117

Mahnun.Nunu.(2012). Media Pembelajaran

(Kajian terhadap Langkah-langkah

Pemilihan Media dan Implementasinya

dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal

Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27.

Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media

Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah

Pertama Negeri1 Pacitan. Dalam Jurnal

Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran

Vol.2, No.2: 127

Rahmayanti. (2015). Penggunaan Media It

Dalam Pembelajaran. Dalam jurnal Ilmiah

CIRCUIT Vol. 1 No. 1 Juli: 92.

Sumberharjo. Putra, dkk. (2015). Media

Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan

Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas.

Dalam Journal Speed – Sentra Penelitian

Engineering dan Edukasi – Volume 7 No

:24

Taufani.(2008). Minat. Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

DOSEN PA : Dr. MUHAMMAD SOLEH

HAPUDIN , M.Si


Refbacks

  • There are currently no refbacks.