PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI
Abstract
Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran Siswa Sekolah Dasar lebih diarahkan pada tingkat pemahaman konsep sehingga diperlukan pemahaman kognitif siswa. Pada proses pembelajaran banyak siswa terkendala dalam memahami materi dari penjelasan guru sehingga guru harus mengulang kembali materi yang sebelumnya sudah disampaikan mengakibatkan pembelajaran kurang efektif. Kecenderungan siswa lebih menyenangi pembelajaran praktik ketimbang teori sehingga hasil belajar kognitif masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk pembelajaran Siswa Sekolah Dasar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, melatih kemandirian siswa dan dapat belajar dimana saja dan kapan saja serta meningkatkan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk pembelajaran Siswa Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran.
Jakarta : Rajawali Pers
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Faris, Ahmad dan Ade Fitria Lestari. 2016.
Rancangan Animasi Pembelajaran
Interaktif Alfabet Pada Pendidikan Anak
Usia Dini. E-Journal Teknik Komputer
AMIK BSI. (Volume II No 1 Tahun
.
Jembari, Ida Ayu Tika, dkk. 2015.
Pengembangan Video Animasi Dua
Dimensi Dengan Model Waterfall Pada
Pembelajaran IPS Kelas VIII. E-Journal
Teknologi Pendidikan Universitas
Pendidikan Ganesha. (Volume 3 No 1
Tahun 2015).
Parmiti, Desak Putu. 2014. Pengembangan
Bahan Ajar. Singaraja: Undiksha
Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan.
Yogyakarta: Raja Grafindo Persada
Firdaus, N., 2022. Animasi Dalam Media
Pembelajaran. 19 Agustus
Refbacks
- There are currently no refbacks.