PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI

Adelia Putri Nurhidayat, May Eva Evitha, Maria Theresia Karmelia

Abstract


Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran Siswa Sekolah Dasar lebih diarahkan pada tingkat pemahaman konsep sehingga diperlukan pemahaman kognitif siswa. Pada proses pembelajaran banyak siswa terkendala dalam memahami materi dari penjelasan guru sehingga guru harus mengulang kembali materi yang sebelumnya sudah disampaikan mengakibatkan pembelajaran kurang efektif. Kecenderungan siswa lebih menyenangi pembelajaran praktik ketimbang teori sehingga hasil belajar kognitif masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk pembelajaran Siswa Sekolah Dasar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, melatih kemandirian siswa dan dapat belajar dimana saja dan kapan saja serta meningkatkan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk pembelajaran Siswa Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran.

Jakarta : Rajawali Pers

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada

Faris, Ahmad dan Ade Fitria Lestari. 2016.

Rancangan Animasi Pembelajaran

Interaktif Alfabet Pada Pendidikan Anak

Usia Dini. E-Journal Teknik Komputer

AMIK BSI. (Volume II No 1 Tahun

.

Jembari, Ida Ayu Tika, dkk. 2015.

Pengembangan Video Animasi Dua

Dimensi Dengan Model Waterfall Pada

Pembelajaran IPS Kelas VIII. E-Journal

Teknologi Pendidikan Universitas

Pendidikan Ganesha. (Volume 3 No 1

Tahun 2015).

Parmiti, Desak Putu. 2014. Pengembangan

Bahan Ajar. Singaraja: Undiksha

Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan.

Yogyakarta: Raja Grafindo Persada

Firdaus, N., 2022. Animasi Dalam Media

Pembelajaran. 19 Agustus


Refbacks

  • There are currently no refbacks.