MEDIA KAHOOT UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAGI SISWA TUNALARAS

Sepvianti Liana Charty, Devy Rahmasari, Riri Yuliantika, Oktian Fajar Nugroho

Abstract


Terdapat beberapa jenis anak berkebutuhan khusus, yaitu Tunarungu, Tunanetra, Tunadaksa, Tunagrahita, Tunaganda, Tunalaras, dan lain sebagainya. Tunalaras masuk ke dalam kategori anak berkebutuhan khusus (ABK) karena mereka mengalami kesulitan dan hambatan dalam emosi dan perilaku. Anak Tunalaras juga sering kali dikenal sebagai anak yang nakal, jahil, tidak bisa diam ketika di kelas, berisik, hingga dikenal dapat melakukan tindakan kriminal seperti mencuri atau narkoba. Anak Tunalaras terkenal tidak bisa menyimak dengan baik ketika pembelajaran, karena mereka tidak mempunyai keterampilan dalam menyimak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media Kahoot dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan media Kahoot dapat meningkatkan keterampilan menyimak anak Tunalaras. Hal tersebut dapat terlihat dari subjek yang lebih dapat menyimak penjelasan dari peneliti ketika peneliti menjelaskan pembelajaran menggunakan media Kahoot dibandingkan dengan menggunakan papan tulis. Kata kunci: Tunalaras, Keterampilan Menyimak, Media Kahoot

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aryanis, D. F., & Nugroho, O. F. (2021).

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN

DARING DI SEKOLAH SELAMA

PANDEMI COVID-19. Seminar Nasional

Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin.

Delia Putri. (2019). PENERAPAN METODE

GAME “BISIK BERANTAI” DALAM

MENINGKATAKAN KETERAMPILAN

MENYIMAK PADA SISWA

SEKOLAH DASAR. 2019.

Erlinasari, E. (2020). PENGARUH MEDIA

GAME KAHOOT TERHADAP HASIL

BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 19

MAKASSAR PADA MATERI VIRUS.

Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fransyaigu, R., & Mudjiran. (2021). Pendidikan

Inklusi Bagi Siswa Tunalaras di Kota

Langsa. Journal of Basic Education

Studies, 4.

Husna, D. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai

Sosial Religius Bagi Anak Tunalaras di

SLB E Prayuwana Yogyakarta. Jurnal

Tarbiyatuna, 11, 1–10. Retrieved from

http://journal.unimma.ac.id/index.php/tarb

iyatuna/article/view/3044/1839

Latifah, N., & Supena, A. (2020). Pelaksanaan

Pembelajaran Anak Tunalaras pada masa

Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 5(1), 1–9.

https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I

556

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018).

KARAKTERISTIK DAN

KEBUTUHAN ANAK

BERKEBUTUHAN KHUSUS.

ABADIMAS ADI BUANA,

Nisa, P., & Nugroho, O. F. (2020).

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA

BERBASIS STEM PADA MATERI

SUMBER ENERGI DI KELAS IV SDN

SERDANG WETAN. Prosding Seminar

Nasional Ilmu Pendidikan Dan

Multidisiplin, 3.

Nur Hafidhotul Ilmiyah, M. S. (2021).

Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi

Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Nurliana, E., & Nugroho, O. F. (2021a).

ANALISIS HASIL BELAJAR DALAM

PENGGUNAAN QUIZIZZ PADA

PEMBELAJARAN IPA. Seminar

Nasional

Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin.

Nurliana, E., & Nugroho, O. F. (2021b).

ANALISIS HASIL BELAJAR DALAM

PENGGUNAAN QUIZIZZ

PADAPEMBELAJARAN IPA.

Yesi, Y. (2019). KETERAMPILAN MENYIMAK

MELALUI BERMAIN PESAN

BERANTAI PADA ANAK HIPERAKTIF

KELAS II. 9–25


Refbacks

  • There are currently no refbacks.