STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Arika Amanda Putri, Novia Candra Peratiwi, Khaola Rachma Adzima

Abstract


Matematika menjadi mata pelajaran yang hingga kini masih dianggap sulit bagi siswa khususnya jenjang sekolah dasar. Pembelajaran cenderung hanya terpaku pada guru saja sehingga siswa tidak mampu menguasai konsep dan prinsip matematika. Ketika siswa diberikan permasalahan, siswa tidak mampu mengerjakan soal tersebut secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut : 1) Strategi yang digunakan guru dalam mengajar adalah penggunaan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan tanya jawab; 2) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah sarana dan prasarana yang kurang mendukung, mengajar kelas rendah dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa tergolong sulit karena siswa lebih banyak bermain, siswa kelas rendah memerlukan waktu yang lebih banyak dalam memahami materi atau permasalahan yang ada; 3) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah guru menggunakan benda-benda konkret dan memilah serta memilih penggunaan bahasa yang mudah untuk dipahami dan dimengerti siswa, guru mengaitkan materi dengan kehidupan seharihari siswa sehingga siswa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Kata Kunci : strategi guru, pemahaman matematis siswa, matematika, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Konita, M., Asikin, M. and Asih, T.S.N. (2019)

Kemampuan Penalaran Matematis dalam

Model Pembelajaran Connecting,

Organizing, Reflecting, Extending

(CORE)‟, PRISMA,Prosiding Seminar

Nasional Matematika 2, 2, pp. 611–615.

Available at:

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/p

risma/

Nada, L.Q. (2020) „Studi Kepustakaan:

Contextual Teaching and Learning (Ctl)

Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Matematika Siswa Di Era Merdeka

Belajar‟, Konferensi Ilmiah Pendidikan

Universitas Pekalongan „Meneropong

Wajah Pendidikan di Era Merdeka

Belajar‟, 1(1), pp. 136–140. Available

at:https://proceeding.unikal.ac.id/index.ph

p/kip/article/view/494.

Rahayu, Y. and Pujiastuti, H. (2018) „Analisis

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

SMP Pada Materi Himpunan : Studi Kasus

Di SMP Negeri 1 Cibadak‟, Symmetry

Pasundan Journal of Research in

Mathematics Learning and Education,

(2), pp. 93–102. Available at:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040.

Ridia, N.S. and Afriansyah, E.A. (2019)

„Perbandingan Kemampuan Pemahaman

Matematis Siswa melalui Auditory

Intellectualy Repetition dan Student

Teams Achievement Division‟,

Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 8(3), pp. 515–526. Available

at:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.5

Setiawati, I. (2021) „Penggunaan Media Ular

Tangga Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Penjumlahan Pada

Siswa Kelas I Adam MI Perwanida‟,

Jurnal Al Fikrah, 3(1), pp. 69–99.

Subekti, I. et al. (2021) „Kontribusi Filsafat

Ilmu dalam Penelitian Ilmiah dan

Kehidupan Sosial‟, Jurnal Filsafat

Indonesia, 4(3), pp. 229–241. Available

at: https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.37304.

Belajar‟, Konferensi Ilmiah Pendidikan

Universitas Pekalongan „Meneropong

Wajah Pendidikan di Era Merdeka

Belajar‟, 1(1), pp. 136–140. Available

at:https://proceeding.unikal.ac.id/index.ph

p/kip/article/view/494.

Rahayu, Y. and Pujiastuti, H. (2018) „Analisis

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

SMP Pada Materi Himpunan : Studi Kasus

Di SMP Negeri 1 Cibadak‟, Symmetry

Pasundan Journal of Research in

Mathematics Learning and Education,

(2), pp. 93–102. Available at:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.