ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PENCERMINAN BANGUN DATAR KELAS 5 DI SD KRISTEN 11 PENABUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Petrus Iwan Dwi Purnomo, Yuliana Elsa Pradevi, Amelia putri, Khaola Rachma Adzima

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar pada umumnya karena keberhasilan siswa terhadap sesuatu yang dihadapi tidak lepas dari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas V di SD Kristen 11 PENABUR. Sampel pada penelitian ini di ambil secara acak yaitu peserta didik kelas V D berjumlah 20 peserta didik yang dilakukan di SD Kristen 11 PENABUR tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan soal. Teknik analisis data di penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dikategorikan kurang teliti. Hasil yang didapat (1) Dalam memahami konsep esensial maksudnya siswa belum bisa mengerjakan atau memecahkan masalah dengan tuntas, (2) siswa tidak teliti dalam tahapan untuk memecahkan masalah dan (3) siswa kurang memiliki nalar dalam proses pemcerminan. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, matematika, siswa kelas V SD

Full Text:

PDF

References


Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., &

Rustyani, N. (2018). Analisis

Kemampuan Pemecahan Masalah

Bangun Datar. SJME (Supremum

Journal of Mathematics Education),

(2), 77–83.

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode

penelitian kualitatif. Humanika, 21(1),

–54.

https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.380

5

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan

Pemecahan Masalah Mats Berdasarkan

Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan

Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan

Lampung. Al- Jabar.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020).

Perencanaan Dan Kep. Karier Quanta,

(1), 44–51.

https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-

497

Wijaya, T. T., & Afrilianto, M. (2018).

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa Smk. JPMI (Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif), 1(1), 53.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p53-60


Refbacks

  • There are currently no refbacks.