PENGGUNAAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS RENDAH DAN TINGGI

Siti Haerotun Nisa’i, Harlinda Syofyan, Usnul Hotimah, Rani Nurhayati

Abstract


Mengajar adalah cara guru untuk berinteraksi dengan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang baik yaitu memungkinkan siswa mencapai tujuan pendidikan dan melatih kemampuannya dalam berbagai kegiatan. Guru merupakan salah satu faktor utama yang bisa memengaruhi hasil belajar siswa. Dari hasil observasi, proses pembelajaran SDN Kedoya Utara 04 secara umum menggambarkan proses pembelajaran yang kurang maksimal. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran yang ditemukan beberapa kekurangan: (1) Siswa tidak aktif bertanya dalam pembelajaran, (2) Siswa merasa bosan dan jenuh, (3) Penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif dan variatif. Sebagai persiapan dalam penyusunan laporan obersevasi, mahasiswa dapat mengetahui dan belajar bagaimana cara menggunakan metode dan pendekatan agar pembelajaran berjalan dengan efektif, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Ceramah merupakan suatu metode pembelajaran yang selalu digunakan oleh guru, saat guru menggunakan metode ini hanya menjelaskan materi dan tanpa melalukan percobaan yang konkrit siswa lebih cepat bosan mengikuti pembelajaran (Putri &Syofyan, 2019 dalam Ratih & Syofyan, 2021). Kata Kunci: Metode, Pembelajaran, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Lestari dan Syofyan. 2021. Pengaruh

Penggunaan WhatsApp Terhadap Hasil

Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN Duri

Kepa 03 Jakarta Barat Pada Masa Pandemi.

Jurnal Persada. IV (2): 87 – 92.

Sapitri, Jilah, and Harlinda Syofyan. "Pengaruh

pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT)

terhadap hasil belajar materi suhu dan kalor

siswa di sekolah dasar." JRTI (Jurnal Riset

Tindakan Indonesia) 7.3 (2022): 513-521.

Rahma, Maulitha, et al. "Pemanfaatan

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Untuk Mengembangkan Kompetensi

Pedagogik Guru." Jurnal Ilmu

Pendidikan 6.2 (2021): 97-105.

Novayulianti, R., & Syofyan, H. (2021).

Analisis Aktivitas Belajar Siswa pada Mata

Pelajaran IPA Kelas V di SDN Duri Kepa

Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Inovasi Penelitian, 2(3), 987-996.

Susanto, R., Syofyan, H., Febriani, E., Nisa, M.

A., Oktafiani, O., Yolanda, Y. D., ... &

Nurlinda, B. D. (2021). Pemberdayaan

Keterampilan Model Komunikasi

Instruksional Guru SD. International

Journal of Community Service

Learning, 5(2), 84-94.

Anisa, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran

Kepala Sekolah dan Guru dalam

Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat pada

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(4), 2263-2269.

Adhulhadi, A., Putri, A. A., Putri, I. R., &

Syofyan, H. (2021). ANALISIS

AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA

PADA MATERI CAHAYA DI KELAS IV

SDN CAKUNG BARAT 15. In Seminar

Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi

Disiplin (Vol. 4).

Sumarsih, T., & Wirdati, W. (2022). Enam

Alasan Guru Menggunakan Metode

Ceramah pada Mata Pelajaran PAI. AnNuha, 2(1), 123-132.

Putri, M. S., Tahir, M., & Jiwandono, I. S.

(2022). Pengembangan Media

Pembelajaran Audio Visual Powtoon pada

Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Semester II Kelas 1 di SDN 25

Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi

Pendidikan, 7(2), 236-242.

Kartini, K. (2022). Optimalisasi Penggunaan

Model Pembelajaran Picture And Picture

dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

pada Tema Lingkungan Bersih Sehat dan

Asri di Kelas I SD Negeri 060/IX

Sembubuk. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 6(1), 3497-3508.

Syofyan, H., & Rahmania, Y. (2020).

Pendekatan Keterampilan Proses Dalam

Pembelajaran Ipa Mahasiswa Pgsd. Jurnal

Pendidikan Dasar, 11(1), 1-9.

Lestari, T. (2021). Pengaruh Penggunaan

WhatsApp Terhadap Hasil Belajar IPA

siswa kelas VA SDN Duri Kepa 03 Jakarta

barat Pada Masa Pandemi. Jurnal Perseda:

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 4(2), 87-92


Refbacks

  • There are currently no refbacks.