PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS TINGGI

Pradita Yuniatma, Harlinda Syofyan, Lintang Sekar Putri, Nadiyah Khairunnisa

Abstract


Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk memberikan informasi faktual kepada siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dengan cara memotivasi siswa untuk belajar. Jika siswa berperan aktif selama proses pembelajaran, maka keaktifan siswa menjadi faktor keberhasilan dalam pembelajaran. Selain itu, peran guru dalam hal ini yaitu membuat media pembelajaran semenarik mungkin, khususnya pada mata pelajaran IPA. Dalam pembelajaran IPA, guru hendaknya menggunakan kesempatan dan sumber media belajar yang berbeda dan berorientasi pada proses pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan kreatif serta belajar lebih menyenangkan. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan oleh guru di Kelas V SDN Sukabumi Selatana 06 Pagi khususnya pada pembelajaran IPA sehingga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang menjelaskan suatu permasalahan dengan cara observasi langsung yang didasari pada teoriteori yang terdahulu. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran IPA yang Menyenangkan di Kelas Tinggi (Kelas V) SD Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi Tahun Pelajaran 2021-2022”. Kata Kunci: Media Pembelajaran IPA, Efektif dan Menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amka. (2018). Media Pembelajaran Inklusi (1st

ed.; I. Yuwono, ed.). Retrieved from

http://eprints.ulm.ac.id/6126/1/B5.

Publikasi Buku Reprensi Media

Pembelajaran Inklusi.pdf

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran

MI/SD. Graha Edu.

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Teams Games Tournament (Tgt)

Terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas

IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta

Barat. International Journal of

Elementary Education, 1(4), 249

https://doi.org/10.23887/jeev1 14.1266

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara

dalam penyediaan fasilitas pendidikan

kepada masyarakat menurut

undangundang nomor 20 tahun 2003

tentang sistem pendidkan nasional. Lex

Privatum, 8(2).

Kusuma, Y. A., Muhroji, M., & Ratnawati, W.

(2022). Penggunaan Media Powerpoint

Interaktif Untuk Meningkatkan

Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas

V. Educatif Journal of Education

Research, 4(3), 139-143.

Murfiah, Uum. 2017. Model Pembelajaran

Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal

Pesona Dasar Vol. 1 No. 5 Hal. 57-69.

Tersedia Pada:

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/a

rticle/. (Diakses pada 7 Januari 2018)

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter:

menjawab tantangan krisis

multidimensional. Bumi Aksara.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran,

Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis

Media Pembelajaran, dan Cara

Penggunaan Kedudukan Media

Pembelajaran. CV Jejak (Jejak

Publisher)

Octavia, S. A. (2020). Model-model

pembelajaran. Deepublish.

Putri, R., & Mudjiran, M. (2022). Pembelajaran

Matematika Menggunakan Model

PAKEM (Partisifatif, Aktif, Kreatif,

Efektif, dan Menyenangkan) dalam

Mengatasi Kejenuhan Belajar dan

Meningkatkan Pemahaman Konsep

Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan

dan Konseling (JPDK), 4(6), 890-898.

Putri, T. S., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh

Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat

Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata

Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri

Tanjung Duren Utara 02. Dinamika

Sekolah Dasar, 1(1), 1-11

Salim, A., Masykuri, M., & Maridi, M. (2017).

Pengembangan Pembelajaran Ipa

Berbasis Paikem dengan Model

Discovery Learning Untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa.

In Prosiding SNPS (Seminar Nasional

Pendidikan Sains) (pp. 33-39).

Sinta, & Syofyan, H. (2020). Pengembangan

Media Pop-Up Book Pada

Pembelajaran IPA di SD. Jurnal

Pendidikan Dasar, 11(2), 248-265.

Syofyan, Harlinda, Susanto, R., Nugroho, O. F.,

Vebryanti, Ramadhanti, D., Ratih,

Mahareka, R. (2020). Efektifitas Modul

Berbasis Literasi Lingkungan Melalui

Pendekatan Saintifik. JPD: Jurnal

Pendidikan Dasar PISSN 11(02),

https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1

21%20009/JPD.081

Windasari, T. S., & Syofyan, H. (2018).

Pengaruh Penggunaan Media Audio

Visual Terhadap Hasil Belajar IPA

Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dasar, 10(4), 6.

Windasari, T. S., & Syofyan, H. (2019).

Pengaruh Penggunaan Media Audio

Visual Terhadap Hasil Belajar IPA

Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dasar, 10(1), 1-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.