PENGEMBANGAN STRATEGI DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

Yuni Ayu Rahmawati, Dini Zahro Maulan, Nur Fitri Buamona, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Pembelajaran tatap muka merupakan sistem pembelajaran yang telah dilakukan usai selesainya masa pandemi sejak tahun 2019. Tujuan adanya pembelajaran menggunakan strategi discovery membantu penggunaan strategi dan keterampilan yang dipelajari dalam situasi belajar ,penemuan beberapa kasus yang lebih mudah ditransfer untuk aktivitas baru dan di aplikasikan dalam situasi belajar yang baru.Pembelajaran hanya satu arah pada saat daring, maka dari itu di kembangkan strategi discovery learning sebagai strategi agar mengubah pembelajaran menjadi proses keaktifan siswa pada pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru.Mengembangkan kembali cara berpikir mandiri siswa usai pandemi berfokus pada menemukan solusi permasalahan dalam materi pembelajaran menggunakan strategi discovery Learning.Mengukur sejauh mana pengembangan strategi ini dapat bermanfaat tentunya pada peserta didik di SD Negeri Kebon Jeruk 11 dalam mata pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, metode yang dilakukan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi dengan perspektif mengevaluasi hasil belajar siswa menggunakkan teknis analis kualitatatif di SDN Kebon Jeruk.Dengan demikian,pembelajaran tatap muka membantu siswa memiliki pengalaman belajar yang luas menggunakan strategi dan metode ini. Pembelajaran discovery learning merupakan suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan tahan lama dan setia dalam ingatan serta tidak akan mudah dilupakan oleh peserta didik. Hasil penelitian ini, terdapat peningkatan yang cukup baik sebesar 88% dalam realisasi teori dan praktik di SD Negeri Kebon Jeruk 11. Pembelajaran tatap muka yang berlangsung selama 3x, mempengaruhi hasil belajar siswa yang cukup diperoleh dengan baik. Kata Kunci : Pengembangan, Strategi Discovery Learning, Pembelajaran Tatap Muka

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Elisa, R. S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I.

(2020). Jurnal perseda. Jurnal

Persada, III(3), 115–120.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2022).

Gerakan Literasi Siswa Dalam

Meningkatkan Motivasi Berprestasi di

SDN Kenari 07 Pagi Jakarta. Indonesia

Berdaya, 3(1), 173–182.

https://doi.org/10.47679/ib.2022196

Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta

Analisis Pegaruh Model Pembelajaran

Discovery Learning Terhadap Hasi

l Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar.

Elementary School: Jurnal Pendidikan

Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2),

–286.

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.

Putri, A. A., & Manurung, A. S. (2020).

Penerapan Pendidikan Matematika

Realistik Indonesia (PMRI) untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Materi Pecahan Senilai

pada Siswa Kelas IV SDN Jelambar

Baru 01. Jurnal Persada, 3(3), 158–

Sdn, D. I., & Pagi, K. (n.d.). PENINGKATAN

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

MATHEMATICS LITERACY

MOVEMENT FOR STUDENTS TO

INCREASE CREATIVE THINKING

ABILITY AT SDN KENARI 07 PAGI.

(2), 51–62.

Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi,

P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019).

Pengaruh Model Pembelajaran

Discovery Learning. Jurnal

Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.