PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP KETERAMPILAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KALIDERES JAKARTA BARAT

Raabiah Adawiyah, Devi Rizki Widiyanti, Maria Rosita Destari Itu, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran harus diperhatikan faktor-faktor yang dapat mendorong siswa agar dapat menunjukkan perilaku belajar yang positif. Hal tersebut tentu menjadi tantangan bagi guru untuk meningkatkan perilaku belajar siswa menjadi lebih baik. Maka dari itu pemelihan metode pembelajaran menjadi sangat penting sebelum melakukan pembelajaran. Makin tepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar, diharapkan makin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran agar terdapat ketepatan dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga dapat diserap secara baik oleh peserta didik, karena metode pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar siswa dan keterampilan tertentu yang dimiliki siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitati deskriptif dengan tekhnik pengambilan data yaitu wawancara. Hasil penelitian ini 1) Terdapat pengaruh Metode Student Team Achievement Division yang nyata terhadap keterampilan siswa, 2) Adanya pengaruh penerapan metode Student Teams Achievement Divisions dalam mata pembelajran IPA. Kata Kunci: Metode STAD, keterampilan siswa, pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Dewi, A., & Susanto, R. (2018). Analisis

Pengaruh Pembelajaran Quantum

Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa

pada Mata Pelajaran IPS Kelas VA di

SDN Joglo 04 Petang (studi preeksperimen). Jurnal Pendidikan Dasar

Perkhasa, 4(2), 230–243.

http://ratnawati.weblog.esaunggul.ac.id/w

pcontent/uploads/sites/5930/2018/11/179-

-1-PB.pdf

Emzir. (2019). Metodologi Penelitian

Pendidikan Kauntitatif & Kualitatif. PT

Raja Grafindo Persada.

Ghozali, I., Sopyan, A., & Sunarno. (2015).

Penerapan Model Pembelajaran Student

Teams Achievement Division (Stad)

Dengan Umpan Balik Kuis Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa

Kelas Viii Smp Negeri 11 Semarang.

UPEJ (Unnes Physics Education

Journal), 3(1), 62–65.

https://doi.org/10.15294/upej.v3i1.3113

Kusminah. (2015). Journal of Educational

Research and Evaluation. Jurnal of

Educational Research and Evaluation,

(2), 114–119.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jer

e%0A

Manurung, Albert Supriyanto, & Sari, I. Y.

(2021). Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon

Terhadap Peningkatan Kemampuan

Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Iii

Sdn Gudang Tigaraksa. Inovasi

Penelitian, 2(3), 1015–1024. https://stpmataram.e-journal.id/JIP/article/view/809

Manurung, Alberth Supriyanto, Halim, A., &

Rosyid, A. (2020a). Gerakan Literasi

Matematika Bagi Siswa untuk

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif

di SDN Kenari 07 Pagi. Jurnal ABDI

PAUD, 1(1), 7–12.

https://doi.org/10.33369/abdipaud.v1i1.14

Manurung, Alberth Supriyanto, Halim, A., &

Rosyid, A. (2020b). Pengaruh

Kemampuan Berpikir Kreatif untuk

meningkatkan Hasil Belajar Matematika

di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4),

–1301.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.54

Nurfaidah, Suprapta, & L, M. S. (2018).

Peningkatan Hasil Belajar Dengan

Menggunakan Metode Pembelajaran

Student Team Learning Modification.

Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 26–30.

http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika

/article/view/3118

Nurmala, R. S., & Priantari, I. (2017).

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Discovery Learning Improving

Communication Skills And Cognitive

Study Result Through Discovery. Jurnal

Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(1),

–10.

http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php

/BIOMA/article/view/586

Primartadi, A. (2015). Pengaruh Metode

Student Teams-Achievement Division (

Stad ) Dan Problem Based Learning

Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari

Potensi Akademik The Influence Of

Method Of Student Teams-Achievement

Division ( Stad ) And Problem Based

Learning On Learning Out. 2(1), 143–

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/arti

cle/view/1024

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh

Kepemimpinan Guru dan Keterempilan

Manajemen Kelas terhadap Perilaku

Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar

Perkhasa, 4(2), 220–229.

http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/inde

x.php/JPDP/article/view/178

Susanto, R. (2017). Analisis Keterkaitan

Kepemimpinan Guru Di Kelas Dan Pola

Pendekatan Bimbingan Terhadap

Pembentukan Nilai Dan Karakter Anak

Didik Usia Sekolah Dasar. Proseding

Inovasi PGSD, 1(1), 164–178.

http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/Pr

osiding/article/view/37/0

Yuliani, N. (2019). Classroom Action Research.

Classroom Action Research Journal, 3(1),

–15.

https://doi.org/10.17977/um013v3i12019p


Refbacks

  • There are currently no refbacks.