UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASHCARD ALPHABET PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Alifah Setiawulan Prihantini, Adila Afika, Hilma Wardatun Nis, Ezik Firmansyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca permulaan siswa yang masih tergolong rendah khususnya pada kelas rendah yakni kelas 1 SD. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I melalui media flashcard alphabet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki 4 tahap, (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas 1 SDN Duri Kepa 01 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, skala nilai atau rating scale, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian pada siklus 1 sudah menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard alphabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa terbukti dari hasil penerapan yang dilakukan sebanyak 4 tahapan, pada tahap refleksi siswa sudah mampu membaca dengan lancar serta mampu mengenal kata dan kalimat dengan baik. Kata kunci: membaca permulaan, media flashcard, kelas I

Full Text:

PDF

References


Dewi, A., & Susanto, R. (2018). Analisis

Pengaruh Pembelajaran Quantum

Terhadap Proses Hasil Belajar Siswa

Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA di

SDN Joglo 04 Petang. Jurnal Pendidikan

Dasar PerKhasa, 4.

Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh

Penggunaan Media Pembelajaran

Powtoon dalam Materi Membaca

Dongeng di Kelas III SDN Cijeruk

Kabupaten Serang. Innovative: Journal

Of Social Science Research, 2(1), 447–

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.

Firmansyah, E., Aulia, F. H., Hendrawan, B. B.,

Ramadhan, M. R., Yasar, E., & Hakim,

A. L. (2020). Terjun Perkembangan

Puisi Dengan Pendekatan Moral Dan

Psikologi. Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Esa Unggul

Jakarta, 3, 258–264.

Husni, A. S. (2018). Pengaruh Metode

Penyuluhan Terhadap Peningkatan

Pengetahuan dan Sikap Persatuan

Orang Tua Murid Tentang Kesehatan

Gigi dan Mulut di SD Negeri I Rantau

Aceh Tamiang Tahun 2018.

Kurniawan, B. (2021). Sumber dan Media

Pembelajaran SD. Widina Bhakti

Persada Bandung.

Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016).

Pengembangan Media Flashcard Tema

Binatang Untuk Anak Kelompok B di

Taman Kanak-Kanak AsemjajarSurabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan,

Macmillan. (2018). Media. The word media is a

plural form of the Latin word „medium‟

meaning „middle ground or

intermediate‟. Its usage as a word to

describe newspapers, radio and other

sources of information likely derives

from the term „mass media„ which was a

technical term use

Murtafiah. (2021). Analisis Keterampilan

Membaca Permulaan dan Berhitung

pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS :

Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Nastiti, V. G., & Syah, E. F. (2022). Psikologi

Sastra dalam Cerita Anak Liburan Seru

di Desa Nenek Lulu Karya Anee

Rahman Sebagai Alternatif Bahan Ajar

Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan

Pendidikan, 6(1), 104–110.

Ningsih, I. H., Winarni, R., & Roemintoyo, R.

(2019). The Importance of Early

Reading Learning in The Face of 21st

Centurty Education. AL-ASASIYYA:

Journal Of Basic Education, 3(2), 196.

https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i2.1879

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using

Learning Media to Increase Learning

Motivation in Elementary School.

Anatolian Journal of Education, 4(2),

–60.

https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Ruslan, A. P. D., Samad, F., & Samad, R.

(2022). Penguasaan Kosa Kata Bahasa

Inggris Anak Melalui Media Flash Card

Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu

Alkhairaat Skeep Kota Ternate. J

URNAL ILMIAH CAHAYA PAUD.

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh

Media Kartu Huruf Terhadap

Kemampuan Membaca Permulaan.

International Journal of Elementary

Education, 4(1), 100.

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383

Suleman, D., Hanafi, Y., & Rahmat, A. (2921).

Meningkatkan Kemampuan Siswa

Membaca Permulaan Melalui Metode

Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa

Kabupaten Gorontalo. AKSARA: Jurnal

Ilmu Pendidikan Nonformal, 97.

Susanto, R. (2018). Pengkondisian Kesiapan

Belajar Untuk Pencapaian Hasil Belajar

dengan Gerakan Senam Otak. Jurnal

Eduscience, 3.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media

Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib

Dosen, Guru dan Calon Pendidik (D.

Ariyanto, Ed.). Pustaka Abadi.

Sofyani, N., & Susanto, R. (2021). Analisis

Keterkaitan Kecerdasan Emosional

(Emotional Quotient) dan

Ketahanmalangan (Adversity Quotient)

dalam Pembentukan Motivasi Belajar

Siswa Kelas V A di Sekolah Dasar

Negeri Jelambar Baru 01. Dinamika

Sekolah Dasar.

Syah, E. F. (n.d.). Representasi Kerusakan

Lingkungan Pada Cerita Anak The Time

Travelling River Karya Parinita Shetty:

Kajian Ekokritik Sastra.

Umar. (2021). Strategi Peningkatan

Kemampuan Membaca Permulaan

melalui Media Kartu Bergambar bagi

Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam

dan Perspektif Pakar Pendidikan.

Journal of Islamic Early Childhood

Education.

Vebryanti, V., & Syah, E. F. (2021). TINDAK

TUTUR PADA PENGGUNAAN

APLIKASI ZOOM DALAM

PEMBELAJARAN BAHASA

INDONESIA KELAS V SD HIKARI

TANGERANG SELATAN. JURNAL

SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu

Sosial Dan Pendidikan, 2(4), 306.

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v2i4.10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.