STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS III SD

Marsella Yoga Trisnadewi, Khusniatul Laeli, Mitha Nur Rahmawati, Khaola Rachma Adzima

Abstract


Pembelajaran kooperatif berlangsung dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil dan kemudian memberi mereka tugas untuk didiskusikan. Pembelajaran ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang paling menarik karena siswa dapat membangkitkan motivasi mereka untuk menyelesaikan tugas dengan mencari tahu jawaban bersama-sama sebagai sebuah kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan guru untuk mengembangkan pembelajaran kooperatif untuk siswa kelas III SD Tiara Harapan Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara. Hasil analisis data dapat dirangkum sebagai berikut: 1) Strategi guru untuk mengembangkan sebuah pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan diskusi kelompok. 2) Aktivitas belajar siswa meningkat dengan penggunaan diskusi kelompok. 3) Perhatian siswa dalam mata pelajaran tertentu meningkat dengan penggunaan diskusi kelompok karena pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik sehingga hal ini dapat meningkatkan prestasi siswa. 4) Salah satu dari kendala diskusi kelompok yang dialami oleh guru adalah penggunaan waktu karena diskusi kelompok cenderung mengambil banyak waktu. Kata kunci: Strategi guru, pembelajaran kooperatif, guru, siswa.

Full Text:

PDF

References


Emda, A. (2014). Penerapan model

pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMA

Negeri 12 Banda Aceh, vol 1(1), 69-79

https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/vie

w/663/529

Octavia, A. S. (2020). Model-model

pembelajaran

https://www.google.co.id/books/edition/M

odel_Model_Pembelajaran/ptjuDwAAQB

AJ?hl=id&gbpv=1&dq=buku+pembelajar

an+kooperatif&printsec=frontcover

Ali, l. Pembelajaran kooperatif (cooperative

learning)https://journal.annur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/dow

nload/82/64

Fiteriani, I. S. Model Pembelajaran kooperatif

dan Implikasi pada pemahaman belajar

sains di SD/MI, vol 3(2), 1-22

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/t

erampil/article/view/1191/2169

Prihatmojo, A. R. Pengembangan Model

Pembelajaran Who Am I. Universitas

Muhammadiyah Kotabumi. Lampung

Utara, Lampung.

http://repository.umko.ac.id/id/eprint/84/1

/Buku%20agung.pdf

Haidir & Salim. 2012. Strategi Pembelajaran,

Perdana Publishing. Medan.

Sumber rujukan dari Website

https://www.kajianpustaka.com/2021/12/p

embelajaran-kooperatif.htm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.