IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI PASIR AWI

Siti Nurul Umayroh, Muhammad Soleh Hapudin, Ubaidillah Ubaidillah, Anisa Rahmawati

Abstract


Pendidikan karakter merupakan sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik sehingga mereka dapat menerapkan dalam kehidupannya baik di keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Dalam penerapan pendidikan karakter di SD Negeri Pasir Awi dilaksanakan dengan 5 indikator pembentukan karakter yaitu religius, jujur, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan atas dasar permasalahan pendidikan karakter, ektrakurikuler pramuka sebagai pembentukan karakter yang dilakukan oleh Pembina pramuka kepada peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif sebagai metode dalam bentuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengamatan di lapangan dan wawancara. Objek yang menjadi sarana penelitian ini adalah implementasi kegiatan ektrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembentukan nilai religius, jujur, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab dikegiatan ektrakurikuler pramuka memfokuskan kepada Tri Satya dan Dasa Dharma yang tidak hanya dihafalkan dan dipahami tetapi juga di terapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Pramuka

Full Text:

PDF

References


Aji, A. H. (2016). Character Education On Scout

Extracurricular In SMP Negeri 1 Yogyakarta.

Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 1 Vol. V

Tahun (2016). Kebijakan Pendidikan, V(1), 1–

https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/

sakp/article/view/1424

Hadiyani, V. P. (2018). Implementasi Pendidikan

Karakter Melalui Kegiatan Ektrakurikuler

Pramuka Pada Siswa Kelas IV Madrasah

Ibtidaiyah Swasta Nizhom Kecamatan

Telanaipura Kota Jambi. 1–113.

Hapudin. (2020). Penanaman Nilai Pendidikan

Karakter Peserta Didik Melalui Budaya

Sekolah (Culture School). ProceedingLiterasi

Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk

Generasi Milenia, 299–307.

http://103.114.35.30/index.php/Pro/article/vie

w/4835/2797

Herlina, R., Saam, Z., & Syahza, A. (2022).

Penanaman Pendidikan Karakter Siswa

Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di

Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Terap

Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal

JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan),

(1), 97.

https://doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.97-107

Kristi, C., & Suprayitno. (2020). Implementasi

Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan

Ekstrakurikuler Pramuka di UPT SD Negeri

Gresik. JPGSD:Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar, 8(3), 569–580.

Nurhayati, N., Madani, M., & Sida, S. (2021).

Penerapan Nilai Karakter Dalam Kegiatan

Kepramukaan Di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah

Dasar (JPPGuseda), 4(2), 178–188.

https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3689

Pramuka, E., & Sd, D. I. (2016). Identifikasi

hambatan-hambatan dalam pelaksanaan

ekstrakurikuler pramuka di sd

muhammadiyah tamanagung kecamatan

muntilan kabupaten magelang.

Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai

Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis

Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di

Pesantren. Manazhim, 3(1), 110–126.

https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075

Sabrina, A., Husniati, H., & Jiwandono, I. S. (2022).

Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Dalam Penanaman Karakter Siswa Di Sdn 26

Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal

Ilmiah Mandala Education, 8(1), 933–938.

https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2915

Selvia, B., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Penerapan

Pembinaan Ekstrakurikuler Dalam Kegiatan

Pembelajaran Full Day School. JMKSP

(Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan

Supervisi Pendidikan), 5(2), 152.

https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3763

Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran Kegiatan

Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan

Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di

Smp Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal

Pendidikan Karakter, 7(1), 59–73.

https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733


Refbacks

  • There are currently no refbacks.