FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA DI KECAMATAN LARANGAN TANGERANG

Dhiya Juliana Putri, Sarah Angelina Angelina, Savira Claudia Rahma, Mujazi Mujazi

Abstract


Dalam proses belajar, minat belajar seorang siswa berperan penting dalam kegiatan proses belajar mengajar, karena jika siswa memiliki minat belajar yang rendah maka ia akan sulit untuk menerima ilmu dari guru tersebut, sehingga hasil belajar menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini akan membahas mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat belajar para peserta didik, serta bagaimana peran yang dapat dilakukan oleh para guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, masih banyak siswa yang memiliki minat belajar yang rendah. Faktor paling utama yang sangat mempengaruhi minat belajar siswa adalah metode pembelajaran yang dilakukan guru saat mengajar dan kepribadian yang dimiliki oleh guru tersebut. Sebagai guru yang profesional, maka guru harus bisa menerapkan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan peserta didik agar dapat meningkatkan daya tarik siswa sehingga minat belajar siswa menjadi tinggi. Guru juga perlu memiliki kepribadian yang baik dan menyenangkan agar bisa membawa suasana yang positif ketika pembelajaran berlangsung. Faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa berasal dari orang tua, lingkungan pertemanan, dan juga berasal dari diri siswa itu sendiri. Kata kunci : minat belajar, peserta didik, guru, orang tua

Full Text:

PDF

References


Ananda, D.P., Afiati, E & Nurmala, M.D. 2022.

Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap

Minat Belajar Siswa. Jurnal Fokus

Konseling. 8(2), 42-43.

Dewi, S.A dan Lestari, T. 2021. Pengaruh Metode

Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa

Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika.

Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

(4), 760-761.

Diniaty, A. 2017. Dukungan Orang Tua Terhadap

Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih :

Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami.

(1), 95-97.

Gani, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran dan

Persepsi Tentang Matematika Terhadap

Minat dan Hasil Matematika Siswa SMP

Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten

Bone. Jurnal Daya Matematis. 3(3), 336-

Harefa, N., Tafanao, G.S. & Hidar, S. 2020. Analisis

Minat Belajar Kimia Siswa Melalui

Pembelajaran Berbasis Multimedia.

Pedagogia : Jurnal Kajian, Penelitian, dan

Pengembangan Pendidikan. 11(2), 84.

Mesra, P., Kuntarto, E. & Chan, F. 2021. FaktorFaktor yang Mempengaruhi Minat Belajar

Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah

Wahana Pendidikan. 7(3), 179.

Nisa, A. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan

Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi

Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal

Ilmiah Kependidikan. 11(1), 1-9.

Pratiwi, N.K. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan,

Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar

Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa

Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota

Tangerang. Jurnal Pujangga. 1(2), 91-92.

Putri, B.B.A., dkk. 2019. Analisis Faktor Rendahnya

Minat Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri

Gumiwang. Jurnal Education FKIP UNMA.

(2), 65-73.

Ricardo & Meilani, R.I. 2017. Impak Minat dan

Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen

Perkantoran. 2(2), 188-201.

Sarah, C., Karma, I.N. & Rosyidah, A.N.K. 2021.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Matematika di Gugus III Cakranegara.

Jurnal Progres Pendidikan. 2(1), 16-18.

Sari, W.N., Murtono & Ismaya, E.A. 2021. Peran

Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan

Minat Belajar Siswa Kelas V SDN

Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian.

(11), 2255-2257.

Setiani, F., Wiguna, A & Setiawan, W. 2017.

Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap

Minat Belajar Anak. Jurnal Pedagogie.

(2), 113-114

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan

(Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D,

dan Penelitian Pendidikan). III. Alfabeta.

Yogyakarta.

Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran

untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 44-46.

Wati, A.K. dan Muhsin. 2019. Pengaruh Minat

Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan

Keluarga, dan Lingkungan Sekolah

Terhadap Kesulitan Belajar. Economic

Education Analysis Journal. 8(2), 800-802.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.