ANALISIS UPAYA GURU MENDISIPLINKAN SISWA KELAS 6 SDN CURUG KULON 3

Rossalia Raihan Eka Putri, Juliana Amalia, Reinna Devianti, Oktian Fajar Nugroho

Abstract


Kedisiplinan sangat ditekankan dalam proses pembelajaran. Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan untuk memenuhi ketentuan, tata tertib atau kaidah-kaidah yang berlaku dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, keputusan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Penelitian ini difokuskan kepada upaya guru mendisiplinkan siswa kelas 6. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SDN Curug Kulon 3. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru mendisiplinkan siswa kelas 6 SDN Curug Kulon 3 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kedisiplinan yang dilakukan oleh guru wali kelas 6 lebih menekankan pada nilai kesopanan dan keterampilan menggunakan metode pembiasaan serta keteladanan. Masalah yang dihadapi guru wali kelas 6 yakni karena faktor dari diri siswa sendiri dengan melakukan pendekatan melalui orang tua.

 

Kata kunci: Kedisiplinan, kualitatif, kesopanan

Full Text:

PDF

References


Darnius, S., Yamin, M., & Ainun, S. (2019). Implementasi Disiplin dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa SD Negeri 2 Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 1(2). https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1i2.1344

Kurniasih, F., & Wijaya, H. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sdn Embung Tangar Kecamatan Praya Barat. Jupe : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). Https://Doi.Org/10.36312/Jupe.V4i5.937

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1). Https://Doi.Org/10.26618/Jrpd.V1i1.1233

Sendayu, R., Masrul, M., & Kusuma, Y. Y. (2020). Analisis Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sd Pahlawan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2). Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V3i2.1219

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.)). Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Wijaya, R. dan T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Utami (ed.); Cetakan pe). Noktah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.