ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB B-CFLORA INDONESIA

Lucky Putri Ramadhani, Razela Regina Putri, Vania Destriyanti, Nurul Febrianti

Abstract


Anak tuna grahita merupakan anak yang memiliki hambatan pada perkembangan mental serta intelektualnya sehingga mempengaruhi perkembangan pada kognitif dan perilaku dalam beradaptasi seperti emosi tidak terkendali, sulit fokus, dan lainnya. Pemilihan strategi yang tepat dapat mengembangkan potensi anak tuna grahita secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi pembelajaran pada siswa dengan gangguan intelektual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi dokumen hasil dan observasi. Penelitian menujukkan bahwa penerapan pemilihan strategi pendidikan yang tepat pada anak tuna grahita seperti menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan anak tersebut dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang secara pendidikan memerlukan layanan yang spesifik yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Kata Kunci : Anak Tunagrahita, Strategi Pendidikan Tunagrahita, Mengembangkan Potensi

Full Text:

PDF

References


Marieke Nijland, dkk. (2018). Anak Unik:

Informasi Tentang Anak-anak

Tunagrahita. GagasMedia

Rafael Lisinus dan Pastiria Sembiring. (2020).

Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus

(SebuahPerspektif Bimbingan Dan

Konseling). Yayasan Kita Menulis

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan

Pendidikan Anak Tunagrahita.

Modulpada UniversitasPendidikan

Indonesia: tidak diterbitkan.

Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak

Tunagrahita dengan Pola Tata Ruang

Belajar diSekolah Luar Biasa. E-Journal

Graduate Unpar, 1(2), 111-124


Refbacks

  • There are currently no refbacks.