ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DISKUSI KELOMPOK KECILTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nawrah Zhafirah, Rivan Sugiharto, Muhammad Aji, Ratnawati Susanto

Abstract


Penggunaan Model pembelajaran merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran diskusi kelompok kecil menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Literatur tentang belajar mengajar menyatakan manfaat diskusi bagi hasil belajar siswa, terutama kemampuannya untuk hasil belajar siswa. Namun, beberapa studi membandingkan efek dari berbagai jenis diskusi tatap muka pada peserta didik. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana penerapan diskusi kelompok kecil dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini dilakukannya survei yang diberikan kepada kepala sekolah, wali kelas, dan siswa. Kata Kunci: Diskusi Kelompok Kecil, Hasil Belajar Siswa, Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Farida Nugrahani. (2014). Metode Penelitian

Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan

Bahasa.

Paizaluddin, & Ermalinda. (2014). Penelitian

Tindakan Kelas.

Ratnawati, S., Nurul, F., Iftahul, H. N., Anggita,

P. A., Alfina, U. C., Dita, R., & Dwiyanti,

K. (2018). C Jurnal Publikasi Gerakan

Literasi Pedagogik Bagi Guru Untuk

Gerakan Literasi Pedagogik Bagi Guru

Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Di

Sdn Duri Kepa 17 Pagi Dan Sdn. Jurnal

Abdimas,5(March 2019).

Susanto, R., Afika, A., Prihantini, A. S.,

Rahmasari, D., Putri, R. S., & Wuran, Y.

A. (2020).

Kompetensi pedagogik guru pada era pandemi

covid-19. Seminar Nasional Ilmu

Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD

, 3, 361–366.

Susanto, R., Agustina, N., Azmi, Y., & Rachbini,

W. (2021). Pedagogic Competency Model:

Development from The Point of View of

The Initial Characteristics of Teachers,

Involvement with Organizations and

Competency Development Strategies.

Review of International Geographical

Education Online, 11(8), 826–841.

https://doi.org/10.48047/rigeo.11.08.72

Yulianti F. (2012). Hubungan Kompetensi

Pedagogik Guru PAI dengan Prestasi

Belajar Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal

Tarbawi, 2(2), 109–123


Refbacks

  • There are currently no refbacks.