ANALISIS PERAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Kegiatan ekstrakuliler pramuka merupakan salah satu kegiatan tambahan yang bersifat wajib pada setiap sekolah. Tujuannya yaitu agar peserta didik memiliki karakter disiplin yang baik. Karena jika dilihat dari fenomena yang ada, karakter disiplin siswa mulai menurun. Seperti masih ada siswa yang tidak mematuhi peraturan sekolah juga tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter disiplin siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakulikuler pramuka memiliki dampak yang luar biasa pada pembentukan karakter disiplin. Hal tersebut dilihat dari kedisiplinan siswa dalam menaati peraturan sekolah dan mengerjakan tugas tepat waktu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakulikuler pramuka memiliki peran dalam pembentukan karakter disiplin siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Ekstrakulikuler Pramuka, Pembentukan Karakter, Disiplin
Full Text:
PDFReferences
Anisa, M. (2020). Analisis Metode
Kepramukaan Dalam Pembentukan
Karakter Disiplin Peserta Didik melalui
Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Di
Sekolah Dasar. 1–138.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/
/54673
Nafisah, L., Ghufron, S., Taufiq, M., &
Akhwani, A. (2020). Peran Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka Dalam
Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sd
Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal
Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar,
(2), 272–284.
https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3043
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler
Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa
Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 2(1), 62–70.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Syafiudin, M. (2021). Peran Ekstrakurikuler
Pramuka Dalam Membentuk Karakter
Disiplin Siswa. Aulada : Jurnal Pendidikan
Dan Perkembangan Anak, 3(1), 71–82.
https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.863
Refbacks
- There are currently no refbacks.