ANALISIS KEMAMPUAN INOVASI PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013

Debora Kristina Silaban, Fairuz Kamila Raihanah, Naomi Jesslyn Pakpahan, Alberth Supriyanto Manurung4

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan inovasi pembelajaran guru sekolah dasar dalam mengeimplementasikan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013. proses pembelajaran merupakan serangkaian kegaiatan interaksi antara pendidik, peserta didik dan materi ajaran yang diorganisasikan sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal Penelitian ini dilakukan (1) Bagaimana keisapan guru SDN Karang Satria 05 dalam menghadapi Kurikulum 2013 dengan mengimplementasikan pembelajaran tematik dalam pembelajaran. (2) untuk menglihat bagaimana kemempuan guru SDN Karang Satria 05 dalam proses pembelajaran tematik (3) mengetahui kendala atau hambatan guru dalam menerapkan pendekatan tematik di SDN Karang Satria 05 Penelitian ini dilakukan dengengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek siswa kelas 2, 3 dan 4 di SDN Karang Satria 05 data ini dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara. Adapun usaha yang dilakukan yaitu dengan diskusi kelompok terarah anatar peneliti, guru, pesertadidik, dan kepala sekolah. Dari hasil observasi yang saya lakukan secara konseptual guru memahami pendekatan tematik dengan baik, namun dalam implementasinya 10 dari 22 guru yang diteliti tidak melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Inovasi pembelajaran, kemampuan guru Sekolah Dasar, pendekatan tematik

Full Text:

PDF

References


Dasar, B. P. K. D. P. (2006). Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan. Jakarta: Disdik.

Manurung, A. S. (2018). PELATIHAN

ARIMATIKA BAGI IBU-IBU

(ORANG TUA SISWA) DI YAYASAN

PERGURUAN BIRRUL WAALIDAIN

DESA SEMPLAK BOGOR. Abdimas,

(2).

Manurung, A. S., & Halim, A. (2022). Gerakan

Literasi Siswa Dalam Meningkatkan

Motivasi Berprestasi di SDN Kenari 07

Pagi Jakarta. Indonesia Berdaya, 3(1),

–182.

https://doi.org/10.47679/ib.2022196

Mulyasa, H. (2017). Pengembangan dan

implementasi kurikulum 2013. PT.

Remaja Rosdakarya.

Ndoen, E., & Manurung, A. S. (2021).

PENGARUH KEPEMIMPINAN

KEPALA SEKOLAH TERHADAP

KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

NEGERI DI KECAMATAN

BALARAJA. Inovasi Penelitian, 2(3).

Rini Kristiantari, Mg. (2015). Analisis Kesiapan

Guru Sekolah Dasar dalam

Mengimplementasikan Pembelajaran

Tematik Integratif Menyongsong

Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan

Indonesia), 3(2).

https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v3i2.4462

Sigiyono, D. (2010). Memahami penelitian

kualitatif. Alfabeta.

Trianto, M. P. (2010). Mengembangkan model

pembelajaran tematik. Jakarta: PT.

Prestasi Pustakarya.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., &

Arifin, S. (2014). KESIAPAN GURU

SD DALAM PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN TEMATIKINTEGRATIF PADA KURIKULUM

DI DIY. Jurnal Prima Edukasia,

(2), 175.

https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2717


Refbacks

  • There are currently no refbacks.