PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Tulisan ini mengkaji pelaksanaan pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 berkaitan
dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh. Proses pembelajaran jarak jauh merupakan solusi
yang dalam pelaksanaannya belum optimal secara keseluruhan. Ada beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam pembelajaran jarak jauh ini antara lain sumber daya guru harus ditingkatkan kualitasnya, baik dari segi konten maupun metodologi juga dalam hal pemanfaatan teknologi informasi. Selain itu, peserta didik juga kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, baik itu disebabkan jaringan internet yang kurang stabil maupun dari segi penyediaan kuota internet yang terbatas. Tujuan penulisan artikel ini untuk mempelajari dan memahami permasalahan dalam kegiatan pemebelajaran di masa pandemi yakni pembelajaran jarak jauh agar peserta didik bisa mengikutinya dengan aktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan observatif. Hasil kajian ini membuktikan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19 ini menimbulkan berbagai tanggapan dan perubahan pada sistem belajar yang dapat mempengaruhi proses pemebelajaran serta tingkat perkembangan peserta didik dalam
merespon materi yang disampaikan.
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Problematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.