Studi Kasus: Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID 19

Dea Wulan Ningrum, Deltania Deltania, Dian Erisa Nurmala Cahyaningrum, Ratnawati Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru sekolah dasar pada masa Pandemi Covid 19. Penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan unit analsiis tiga orang guru SDN Grogol 11. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa kompetansi pedagogik guru memegang peranan kunci dalam pembelajaran masa Pandemi Covid 19, terutama pada kemampuan mengidentifikasi karakteristik peserta didik, yang mencakup kemampuan guru dalam: (1) meggunakan teknik mengidentifikasi karakteristik peserta didik, (2) tindakan mendapatkan temuan penyimpangan perilaku belajar siswa, (3) cara guru menumbuhkan minat belajar siswa, (4) cara guru mengidentifikasi minat, bakat, potensi dan kesulitan belajar, (5) cara guru mengetahui tingkat pemahaman belajar peserta didik selama pembelajaran daring, dan (6) kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk menyusun rancangan pembelajaran selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN Grogol 11 menunjukkan tingkat penguasaan komptensi pedagogik dengan keenam indikator kemampuan dalam aspek mengidentifikasi karakteristik peserta didik. Kata kunci : kompetensi pedagogik, karakteristik peserta didik, perilaku belajar, kesulitan belajar, rancangan pembelajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.