PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN DIGITAL

Nasriyah Nasriyah, Neisya Pratiwi, Sari Ayu, Abdul Halim

Abstract


Kemajuan teknologi dan informasi berdampak pada dunia pendidikan diantaranya adanya
proses pembelajaran digital. Hal tersebut tak lepas dari peran guru sebagai tenaga pendidik
untuk tetap membimbing proses pembelajaran supaya berlangsung efektif dan efisien.
Penelitian ini membahas pengembangan profesionalisme guru dalam pembelajaran digital.
Metode deskriptif analisis merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan
teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah karena masih
banyaknya guru yang kurang profesional dalam penggunaan teknologi digital terutama dalam
pembelajaran, maka terdapat beberapa upaya dalam mengembangkan profesionalisme guru
dalam pembelajaran digital diantaranya (1) Menempuh pendidikan setinggi mungkin sesuai
dengan kualifikasi akademik yang dimiliki, (2) Mengikuti kegiatan KKG (Kelompok Kerja
Guru) yang diadakan oleh pemerintah, (3) Meningkatkan kemampuan guru dengan
membentuk ide, konsep ataupun gagasan yang dimiliki dalam bentuk tulisan seperti artikel
penelitian, jurnal-jurnal penelitian yang sejalur dengan pendidikan, (4) Peningkatan
kompetensi dengan pembinaan dan pelatihan, (5) Peningkatan kompetensi dengan mengikuti
program yang dirancang organisasi kependidikan, (6) Peningkatan kompetensi melalui
jenjang pendidikan formal, (7) Guru mampu belajar mandiri dengan maksud guru dapat
mengeksplorasi berbagai materi yang terdapat pada teknologi digital sehingga diterapkan
pada proses pembelajarannya bisa didigitalisasi. Kegiatan tersebut harus berlangsung
berkesinambungan agar sesuai dengan undang-undang yang ada agar dapat terciptanya guru
yang profesional terhadap perannya.
Kata kunci : profesionalisme, digital, guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.