Literatur Review : Analisis Artikel Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran TerhadapHasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

Fatima Zahro Aisyah Dahana Putri, Maretia Elsa, Novia Candra Peratiwi, Harlinda Syofyan

Abstract


Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan sangat penting untuk dilakukan, karenadapat menunjang proses pembelajaran untuk menjadi lebih efektif dan efisien. Pemanfaatanteknologi tersebut misalnya penggunaan media dalam bentuk video pembelajaran. Penggunaan video pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dandapat membantu keberlangsungan proses pembelajaran dalam menyampaikan gagasan. Penggunaan video pembelajaran sangat membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran yang sulit dijelaskan. Tetapi, hingga saat ini penggunaan video pembelajaranmasih sangat kurang dalam kegiatan belajar-mengajar, terutama pada pembelajaranIlmuPengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi pembelajaran berupa ada atau tidaknya pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajarIPA peserta didik di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatankualitatif metode Literature Review dengan mengambil berbagai teori dan berbagai macampenelitian yang telah dilakukan pada jurnal-jurnal sebelumnya dan membuat kesimpulanberdasarkan jurnal-jurnal yang sudah di review oleh peneliti.

Kata Kunci: video pembelajaran, IPA, hasil belajar, sekolah dasar, teknologi pembelajara


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.