ANALISIS HUBUNGAN ATRIBUSI SOSIAL DAN PERILAKU ALTRUISME PADA GENERASI Z DI DKI JAKARTA
Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang canggih mengubah kegiatan sosial yang ada saat ini. Generasi Z atau disebut sebagai digital native merupakan generasi yang lahir pada masa kecanggihan internet. Memanfaatkan kecanggihan internet, mereka melakukan banyak hal seperti aksi menolong orang lain yang dilakukan baik secara langsung maupun melalui platform donasi daring. Tindakan menolong ini disebut dengan perilaku altruisme. Terbentuknya perilaku altruism ini salah satunya dipengaruhi oleh atribusi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara atribusi sosial dengan perilaku altruisme pada generasi Z di DKI Jakarta. Metode penelitian yang dipakai yaitu menggunakan metode kuantitatif korelasional dan teknik sampling nonprobability sampling dengan purposive sampling. Adapun jumlah sample pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang generasi Z di DKI Jakarta. Uji analisis yang digunakan yaitu pearson product moment. Alat ukur pada penelitian ini, untuk variabel atribusi sosial memiliki 23 aitem valid dengan nilai (α) = 0,939, sedangkan variabel perilaku altruisme memiliki 27 aitem valid dengan nilai (α) = 0,946. Pada hasil pada penelitian ini, didapati bahwa ada hubungan positif sedang yang signifikan antara atribusi sosial dengan perilaku altruisme pada generasi Z di DKI Jakarta. Kemudian pada hasil kategorisasi, generasi Z pada penelitian ini mayoritas memiliki atribusi sosial yang tinggi dan juga perilaku altruismenya pun mayoritas tinggi.
Kata Kunci: Atribusi Sosial, Perilaku Altruisme, Generasi Z
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.