PELATIHAN KETERAMPILAN KERAJINAN TANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS ORIGAMI “PENGENALAN ALAM DAN BINATANG” SEBAGAI PROSES KREATIF SISWA/I KB/TK ISLAM SALSABILA
Abstract
Abstract
This curriculum explains how the context of learning through play is a learning system implemented by PAUD with the aim of learning outcomes in accordance with the core and basic competencies that must be achieved by PAUD students in general.Unfortunately the condition of the emergence of the Covid-19 virus, the Salsabila Islamic Kindergarten / Kindergarten educators have to change the learning system directly as they usually do with students. These educators inevitably have to adapt by applying SFH (School From Home) to their students. They give homework to the students who of course have to be accompanied by the parents of these students and reported to the educators.Seeing these conditions, the UEU FDIK community service team carried out a design in the form of a stimulus that can be used to stimulate family planning students TK Islam Salsabila uses origami paper media. This method of community service activities uses qualitative methods, by choosing a grounded theory strategy.The chosen strategy is based on the consideration of freedom in research, namely inductively,so that the collected data can be enriched as a design solution. Working Hypothesis in this community service proposal is : training in handicraft skills using origami paper media is needed to improve the creative process of Salsabila Islamic Kindergarten / Kindergarten students with the theme of introducing nature and types of animals.
Kata kunci : Training, Skills, Creative Process.
Abstrak
Pada kurikulum ini menjelaskan bagaimana konteks belajar melalui bermain adalah sistem pembelajaran yang diterapkan oleh PAUD dengan tujuan capaian pembelajaran sesuai dengan kompetensi inti dan dasar yang harus dicapai oleh siswa PAUD pada umumnya. Sayangnya kondisi munculnya virus Covid-19, para pendidik KB/TK Islam Salsabila ini harus mengubah sistem pembelajaran secara langsung seperti yang biasa mereka lakukan terhadap para siswa. Para pendidik ini mau tidak mau harus beradaptasi dengan menerapkan SFH (School From Home) kepada para peserta didik. Mereka memberikan pekerjaan rumah kepada para siswa yang sudah tentu harus didampingi oleh para orang tua siswa tersebut serta dilaporkan kepada para pendidik tersebut.. Melihat kondisi seperti inilah maka tim pengabdian kepada masyarakat FDIK UEU ini melakukan sebuah desain berupa stimulus yang dapat digunakan untuk merangsang siswa KB/TK Islam Salsabila ini menggunakan media kertas origami. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode kualitatif, dengan memilih strategi grounded theory.Strategi yang dipilih didasarkan pada pertimbangan keleluasaan dalam meneliti, yaitu secara induktif, sehingga data yang terhimpun dapat diperkaya sebagai solusi perancangan. Hipotesis Kerja dalam proposal pengabdian kepada masyarakat ini ini adalah: diperlukan adanya pelatihan keterampilan kerajinan tangan menggunakan media kertas origami untuk meningkatkan proses kreatif siswa KB/TK Islam Salsabila dengan tema pengenalan alam dan jenis binatang.
Kata Kunci : Pelatihan, Keterampilan, Proses Kreatif.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adian, Donny Gahral. 2010. Pengantar Fenomenologi. Depok: Penerbit Koekoesan.
Endraswara, Suwardi. 2006. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Cetakan ke-2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Jones, Sue Jenkyn. 2005. Fashion Design Second Edition London: Laurence King Publishing.
KEMENDIKBUD. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia : Kementerian Pendididikan Kebudayaan Republik Indonesia.
Nugraha, Adhi, dkk. 2018. Craft dan Desain Indonesia - Sudut Pandang Akademik dan Pelaku. Bandung: Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia.
Tabrani, Primadi, 1998. Proses Kreasi, Apresiai, Belajar. Bandung: Penerbit Institut Teknologi Bandung.
Tabrani, Primadi. 2015. Pendidikan Seni, Hubungannya Dengan Ambang Sadar, Imajinasi Dan Kreativitas Serta Manfaatnya Untuk Proses Belajar Yang Bermutu. Vol. 7. No. 1. Jurnal Komunikasi Visual dan Multimedia. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510