PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PEMILIHAN WARNA PADA PENDEKATAN STEAM DITINJAU DARI PSIKOLOGI DESAIN

Irma Damayantie, Ratih Pertiwi, Oktian Fajar Nugroho

Abstract


Abstract
Design psychology is a common area between the fields of psychology and design. Color is
one of the influential studies in design psychology. Educators, such as teachers and lecturers,
need to gain knowledge of color’s role in spaces and media. Choosing a good color will
certainly affect the user's psychology (space and media). Increased community’s knowledge
in design psychology, especially color selection can have a good influence on students.
STEAM can be one of educating for educators in giving design psychology through color
games. The scope of community service from before was only for the Kindergarten Teachers
Association in Curug District, Tangerang Regency, which is our partner, within this covid-
19 pandemic can target the wider community because it is carried out through online
seminar. The method of implementation is carried out in 3 stages, namely the planning stage, implementing activities, and evaluating the participants who are given knowledge. As a result, people's knowledge can increase from before, from only choosing colors randomly to a more focused way to improve the participants' psychology in art. The success of students in playing the role of color in the arts, can also have a deeper impact in the field of design.
Keywords: Psychological Design, STEAM, Color


Abstrak
Psikologi desain merupakan wilayah bersama antara bidang psikologi dan desain. Warna merupakan salah satu kajian yang berpengaruh dalam psikologi desain. Para pendidik, seperti guru dan dosen perlu mendapatkan pengetahuan akan peran warna dalam ruang dan media ajar. Pemilihan warna yang baik tentunya akan berpengaruh pada psikologi si pengguna (ruang dan media). Meningkatnya pengetahuan dari masyarakat dalam hal psikologi desain, khususnya pemilihan warna dapat memberikan pengaruh yang baik kepada para peserta didik. STEAM dapat menjadi sarana edukasi para pendidik dalam menyisipkan psikologi desain melalui permainan warna. Lingkup pengabdian masyarakat dari sebelumnya hanya untuk Ikatan Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang yang merupakan mitra kami, maka di masa pandemi covid-19 ini dapat menyasar masyarakat luas karena dilaksanakan melalui seminar online. Metode pelaksanaan
dilakukan dalam 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanan kegiatan, dan evaluasi kepada para peserta akan pengetahuan yang diberikan. Hasilnya pengetahuan masyarakat dapat meningkat dari sebelumnya, dari hanya memilih warna secara acak menjadi lebih terarah untuk meningkatkan psikologi para peserta didik di bidang seni. Keberhasilan para peserta didik memainkan peran warna dalam seni, juga dapat berpengaruh lebih dalam di bidang desain.
Kata kunci : Psikologi Desain, STEAM, Warna 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

As’ari, A. R. (2017, May). Tantangan Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Rangka Membelajarkan

Matematika di Abad ke-21 dan Membangun Karakter Peserta Didik.

In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat

Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Damayantie, I. (2020). Modul Perkuliahan Pengantar Desain Interior. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Damayantie, I. (2020). Modul Perkuliahan Psikologi Desain. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi Problem based learning dalam STEM education

berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas. Prosiding seminar nasional pendidikan IPA. Palembang.

Irwan, B., Tamara, P. (2013). Dasar-Dasar Desain. Griya Kreasi, Jakarta.

Lathifah, M,A., Susanti, Ilham, M., Wibowo, A. Efektivitas Diabetes Self Management Education Dan Community Based Interactive Approach Terhadap Self Care Penderita Diabetes Mellitus. Pharm

Sci Res. 2015. 2:9. 89-100. https://doi.org/10.31983/jnj.v3i1.4453.

Lebond, B. (28 April 2017). Arti dan Pengaruh Warna bagi Psikologi Manusia. Warna dapat mempengaruhi mood. https://psyline.id/arti-dan-pengaruhwarna-bagi-psikologi-manusia/

Mashfufa, E, W. Efektifitas FGD tentang kekeraan pada anak. E-Journal UMM. 2018. 9(1). 11-17.

Ningrum, E. S., & Sobri, A. Y. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 416-423.Nova. (11 Desember 2016). 7 Warna Ini Mampu Pengaruhi Pola Perilaku Manusia. https://nova.grid.id/read/07654839/7-

warna-ini-mampu-pengaruhi-polaperilaku-manusia

Sari, S.M. (2003). Peran Warna Pada Interior Rumah Sakit Berwawasan Healing Environment Terhadap Proses Penyembuhan Pasien. Jurnal Dimensi Interior, 1 (2), 141-156.

Setiawan, B., Ruki, U.A. (2014). Penerapan Psikologi Desain Pada Elemen Desain Interior. Jurnal Humaniora, 5 (2), 1251-1260.

Wicaksono, A. A., Tisnawati, E. (2014). Teori Interior. Griya Kreasi, Jakarta.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika dan

Sains. Indramayu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Email: semnaslppm@esaunggul.ac.id