EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH: PEMILAHAN SAMPAH DAN 3R DI SDN PONDOK CINA DEPOK

Meithyra Melviana Simatupang, Erna Veronica, Ahmad Irfandi

Abstract


Abstract
Garbage is produced from various human activities and one of the environmental problems
that have an impact not only on the environment but also on human health, such as environmental pollution, death of animals or plants, and vector borne disease. The efforts
that can be done to reduce it is sorting garbage depends by type so that it is easier to determine the next processing method and implementing the 3R program (reuse, reduce, and recycle) to prevent and reduce waste generation. SDN Pondok Cina 1 in Kota Depok City
already has trash bin based on its types (organic, non-organic and hazardous waste), but the
practice of sorting waste according to these criteria has not been implemented. Education
about these efforts is better if instilled from an early age to increase concern for the environment. The socialization of waste management to elementary students is expected to be able to form a clean and healthy lifestyle. Information regarding garbage, definition, the impact, the types of garbage and its management methods, is conveyed through videos to facilitate student understanding. Increasing knowledge about garbage and its management can be done by various methods and media. Providing an understanding of the impact of garbage and proper waste sorting practices will help children to understand the importance of garbage sorting and 3R activities.

Keywords:garbage sorting, 3R, education

Abstrak
Sampah dihasilkan dari berbagai jenis kegiatan manusia dan merupakan salah satu  permasalahan lingkungan yang berdampak tidak hanya pada lingkungan tapi juga pada kesehatan manusia, seperti pencemaran lingkungan, kematian hewan atau tumbuhan, dan timbulnya penyakit akibat vektor. Salah satu upaya untuk mengurangi adalah dengan melakukan pemilahan sampah berdasarkan jenisnya sehingga lebih mudah untuk menentukan metode pengolahan selanjutnya dan menerapkan 3R (reuse, reduce, dan recycle) untuk mencegah dan mengurangi timbulan sampah. SDN Pondok Cina 1 Kota
Depok sudah tersedia tempat sampah berdasarkan jenisnya (organik, non organik dan Bahan Berbahaya Beracun/B3), namun praktik pemilahan sampah menurut kriteria tersebut belum dilakukan. Edukasi mengenai upaya-upaya tersebut lebih baik jika ditanamkan sejak dini untuk meningkatkan kepedulian kepada lingkungan. Sosialisasi pengelolaan sampah pada murid SD diharapkan mampu membentuk perilaku hidup bersih dan sehat. Informasi terkait definisi sampah, dampak timbulan, jenis-jenis sampah dan metode pengelolaannya disampaikan melalui video untuk memudahkan pemahaman siswa dan siswi. Peningkatan pengetahuan tentang sampah dan pengelolaannya dapat dilakukan dengan berbagai metode dan media. Memberikan pemahaman mengenai dampak sampah dan praktik pengelompokan sampah yang benar akan membantu anak-anak untuk mengerti pentingnya kegiatan pemilahan sampah dan 3R. 

Kata kunci: pemilahan sampah, 3R, edukasi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amri, C., & Widyantoro, W. (2017). Pendampingan Pembelajaran Memilah dan Menempatkan Sampah pada Tempatnya Sejak Usia Dini di TK Imbas 1. International Journalof Community Service Learning, 1(3), 121–126.

Badan Standardisasi Nasional. (2008). Pengelolaan Sampah di Permukiman.

Karlina, F., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Ecoliteracy Siswa SD Dalam Kegiatan Pengelolaan Sampah Melalui Investigation Berbasis Outdoor Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 991—1002. Retrieved from

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Kementerian Lingkungan Hidup. (2012). Informasi Mengenai Adiwiyata.

Kurniati, E., Mirawati, Rudiyanto, Fitriani, A. D., Rengganis, I., & Justicia, R. (2019). Implementasi Program Anak Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Memilah Sampah. Jurnal Pendidikan: Early

Childhood, 3(1).

Lova, C. (2019). Kompas: Masalah Gunung Sampah TPA Cipayung, Pemkot Depok Tunggu Keputusan Ridwan Kamil. Retrieved February 19, 2019, from Kompas website: https://megapolitan.kompas.com/read/2019 /01/10/17050351/masalah-gunungsampahtpa-cipayung-pemkot-depoktunggu-keputusan-ridwan

Mahyudin, R. P. (2014). Strategi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan. EnviroScienteae, 10, 33–40.

Musfirah. (2017). Peningkatan Sikap Siswa dalam Mengolah Sampah di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. The 5th

Urecol Proceeding.

Oktaviana, S. (2019). Penerapan Permainan Dam-daman “Laskar Lingkungan” Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Praktik Pemilahan Sampah Siswa Kelas V SDIT Smart Cendikia Karanganom (Poltekkes Kemenkes Yogyakarta). Retrieved from

http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1917/

Pratiwi, D. (2016). Pengenalan Pengolahan Sampah untuk Anak-anak Taman Kanakkanak Melalui Media Banner. Bioedukasi

(Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 49–54.

Purnomo, R., Herawati, L., & Amri, C. (2017). Penggunaan Tempat Sampah Bermotif Terhadap Perilaku Buang Sampah pada

Tempatnya di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Argomulyo, Sedayu, Bantul. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(3), 101–

Subdirektorat Statistik Lingkungan Hidup. (2018). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia.

Suryahati. (2018). Kompas: Tanggulangi Masalah Sampah Pemkot Depok Lakukan Upaya Maksimal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Email: semnaslppm@esaunggul.ac.id