KETERAMPILAN MENDONGENG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS ESA UNGGUL DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE

Khusnul Fatonah, Alfian Alfian

Abstract


Storytelling is one of the skills students need to have in the Elementary School Teacher Education (PGSD) study program. In elementary school, fairy tales are important material to be taught. YouTube social media can be an alternative to hone storytelling skills. Through YouTube, students or prospective teachers can create a variety of interesting stories for students. This study aims to describe the storytelling skills possessed by Esa Unggul University PGSD students through YouTube social media. The method in this research is descriptive by referring to the analysis table of storytelling skills. The research respondents were 55 students. The results of the study explained that the fifth semester students of Esa Unggul University PGSD are quite skilled in storytelling. Based on the results of the analysis, the data obtained showed that the students' vocal abilities, language used, mastery of material, appearance, and creativity were good enough. However, there are several deficiencies in the aspect of appreciation or expression as well as the ability to imitate many character voices. The type of story that is mostly used in storytelling is fables. The media that are widely used in storytelling include paper with pictures of story characters and dolls. The storytelling method used includes memorizing and reading the text. Through storytelling activities on YouTube social media, students can present interesting stories and can hone their storytelling skills.
Keywords: storytelling skills, PGSD students, YouTube

 

Mendongeng merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Di sekolah dasar, dongeng menjadi materi yang penting untuk diajarkan. Media sosial YouTube dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengasah keterampilan mendongeng. Melalui YouTube, mahasiswa atau calon guru dapat membuat beragam cerita yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mendongeng yang dimiliki mahasiswa PGSD Universitas Esa Unggul melalui media sosial YouTube. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan mengacu pada tabel analisis keterampilan mendongeng. Responden penelitian berjumlah 55 mahasiswa. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mahasiswa semester lima PGSD Universitas Esa Unggul cukup terampil dalam mendongeng. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data bahwa kemampuan vokal, bahasa yang digunakan, penguasaan materi, penampilan, dan kreativitas yang dimiliki mahasiswa sudah cukup baik. Namun, terdapat beberapa kekurangan dari aspek penghayatan atau ekspresi serta kemampuan menirukan banyak suara tokoh. Jenis cerita yang paling banyak digunakan dalam mendongeng adalah fabel. Media yang banyak digunakan dalam mendongeng antara lain kertas bergambar tokoh cerita dan boneka. Metode mendongeng yang digunakan antara lain menghafal dan membaca teks. Melalui kegiatan mendongeng di media sosial YouTube, mahasiswa dapat menampilkan cerita-cerita yang menarik serta dapat mengasah keterampilan mendongengnya.
Kata kunci: keterampilan mendongeng, mahasiswa PGSD, YouTube

 

 


Full Text:

PDF

References


Apriany Myrna dkk. 2016. “Mengembangkan Keterampilan Mahasiswa PGSD dalam Menanamkan Nilai-NIlai Moral Siswa SD Kelas Rendah melalui Metode Mendongeng”, Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(1).

Fakhrudin, Mohammad. 2003. “Cara Mendongeng”. Makalah disajikan dalam Pelatihan Teknik Mendongeng bagi Guru Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Purwerejo, 16 Desember 2003.

Kamhar Muhammad Yusi dan Erma Lestari. 2019. “Pemanfaat Sosial Media YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”, Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2): 1—7.

Marina, Lia dan Sarwono, Sarlito W. 2007. “Kecerdasan Emosional pada Orang Tua yang Mendongeng dan Tidak Mendongeng”, JPS, 13 (02): 97—110.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah MAda University Press.

Pratiwi, Brillianing dan Kusnindyah Puspito Hapsari. 2020. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2): 282—289.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Widoyoko, Riza. 2019. “Faktor Percaya Diri dalam Keterampilan Berbicara”. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 1(02): 210—217.

Ramadhan, Bagus. (2020). “Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020” dalam https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19, diakses pada 6 Desember 2020, pukul 08.10 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.