REFLEKSI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ESA UNGGUL PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SD NEGERI JELAMBAR BARU 01 JAKARTA BARAT

Inggrid Devi Putri Arum Sari, Riska Handini

Abstract


During the Covid-19 pandemic, many challenges came to the world of education. There are so many problems faced, especially parents of students. The main problem faced by students is not understanding the material that has been delivered due to limited media and signals. Not even a few were confused about understanding the material presented. The purpose of the study was to see the results of the reflection on the implementation of student learning from low and high classes at Primary School Jelambar Baru 01 Jakarta. Data taken from the results of individual reports from PGSD students' daily journals during the Field Experience Practice Program. The method used is a qualitative approach. The result of this research is that practical field experience activities carried out by PGSD students emphasize several reflections. First, students open learning through WhatsApp Group or through the Google Meet application. The second is that students give enthusiasm to students so that learning becomes meaningful. The third is that students provide instruction and provide material that students will learn. Fourth, students ask parents' willingness to guide students during the learning process. Finally, students collect assignments and reflect and students close the lesson.
Keywords: Covid-19 Pandemic, PPL, Reflection, Primary School

 

Pada masa pandemi Covid-19,banyak tantangan yang menghampiri dunia pendidikan. Banyak sekali permasalahan yang dihadapi terutama orang tua siswa. Masalah utama yang dihadapi oleh siswa adalah tidak memahami materi yang telah disampaikan karena keterbatasan media dan sinyal. Bahkan tidak sedikit yang kebingungan memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran siswa dari kelas rendah maupun kelas tinggi di SDN Jelambar Baru 01 Jakarta. Data yang diambil dari hasil laporan individu jurnal harian mahasiswa PGSD selama Program Praktik Pengalaman Lapangan berlangsung. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kegiatan praktek pengalaman lapangan yang dilakukan mahasiswa PGSD menekankan beberapa refleksi. Pertama adalah mahasiswa membuka pembelajaran melalui WhatsApp Group ataupun melalui aplikasi Google Meet. Kedua adalah mahasiswa memberikan semangat kepada siswa agar pembelajaran menjadi bermakna. Ketiga adalah mahasiswa memberikan instruksi dan memberikan materi yang akan siswa pelajari. Keempat adalah mahasiswa meminta kesediaan orang tua untuk membimbing siswa pada saat proses pembelajaran. Terakhir adalah siswa mengumpulkan tugas dan melakukan refleksi dan mahasiswa menutup pembelajaran.
Kata Kunci: Pandemi Covid 19, PPL, Refleksi, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Artikel Jurnal

Elindriani, A., Maskun, & Basri, M. (2017). Hubungan Gaya Belajar Kinestetik Dengan Efektivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sumaryanta, Pradjitno, E., dan Agustina, T. (2018). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar Kelas Tinggi Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Sosial. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Susanto, R. (2017). Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas dengan Senam Otak dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD, FKIP Universitas Esa Unggul, Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank Ke-3, 1, 821–829.

Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. 8, 15–24.

Sumber Rujukan dari Website Prof. Suyanto,Ph.D. R efleksi Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. https://suyanto.id/refleksi-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi-covid-19/. Diakses tanggal 16 November 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.