KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI

Adiendha Ayu Putri, Hilma Wardatun Nisa, Riri Yuliantika, Sepvianti Liana Charty, Yosintha Valent

Abstract


The process of implementing learning is to create an atmosphere and environment that can lead to changes in cognitive, affective and psychomotor structures for students. From the research results obtained about the pedagogical ability of teachers in increasing student motivation in the pandemic era. During a pandemic like now, many changes have occurred in learning activities that motivate students to learn and carry out online learning activities. This causes the teacher to play many roles in increasing student motivation. The research method used is descriptive qualitative method, with a total sample of 69 people consisting of various levels, namely junior high school, high school, and students in various regions in Indonesia. Data collection was carried out using an online questionnaire using Google Forms. The results showed that the pedagogical ability of teachers in increasing student motivation in this pandemic era was still not implemented perfectly because there were still many shortcomings and shortcomings in online learning.
Keywords : Pedagogic competence, Motivation, Pandemic, Teacher

 

Proses pelaksanaan pembelajaran adalah menciptakan suasana dan lingkungan yang dapat menimbulkan perubahan struktur kognitif, afektif dan psikomotorik bagi siswa. Dari hasil penelitian diperoleh tentang kemampuan pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, banyak terjadi perubahan dalam kegiatan pembelajaran yang memotivasi siswa untuk belajar dan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online. Hal ini menyebabkan guru banyak berperan dalam meningkatkan motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 69 orang yang terdiri dari berbagai jenjang yaitu SMP, SMA, dan pelajar di berbagai daerah di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online menggunakan Google Formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi ini masih belum terlaksana dengan sempurna karena masih banyak kekurangan dan kekurangan dalam pembelajaran online.
Kata kunci: Kompetensi pedagogik, Motivasi, Pandemi, Guru


Full Text:

PDF

References


Agustina, N. and Susanto, R. (2017) ‘Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 2(1), pp. 44–48. Available at: http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/download/1171/879.

Kumala, V. M., Susilo, J. and Susanto, R. (2018) ‘Sekolah Swasta’, Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan akaompetensi Pedagogik, pp. 1–23.

Rahayu, R. and Susanto, R. (2018) ‘Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas Iv’, JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 220–229. doi: 10.31932/jpdp.v4i2.178.

Sulfemi, W. B. and Lestari, A. H. (2017) ‘Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor’, Jurnal Ilmiah Edutecno, 16(1), pp. 1–17.

Susanto, R. (2017) ‘Senam Otak Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa Pgsd , Fkip Universitas Esa Unggul , Jakarta .’, Unisbank, 3(1), pp. 821–829. Available at: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/articl/.../5030.

Susanto, R. et al. (2018) ‘Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, International Journal of Elementary Education, 2(2), pp. 81–86. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE.

Susanto, R. (2020) ‘1 / 23’, (Kip 210), pp. 1–23.

Susanto, R. et al. (2020) ‘Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03’, International Journal of Community Service Learning, 4(2), pp. 125–138. doi: 10.23887/ijcsl.v4i2.25657.

Susanto,R. Rzali , Y.A .(2020) MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK. 1stenedn.edited by Y.N.I.Sari. Depok: Rajawali Pers.

Kumala, V. M., Susilo, J., & Susanto, R. (2018). Sekolah Swasta. Hubungan Pengetahuan Pedagogik Dengan Akaompetensi Pedagogik, 1–23.

Sofyani, N., & Susanto, R. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional ( Emotional Quotient ) Dan Ketahanmalangan ( Adversity Quotient ) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA Di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Dinamika Sekolah Dasar, 1–13.

https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/wahana/article/view/9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.