METODE AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK TUNARUNGU PENGGUNA COHLEAR IMPLANT (CI) DI SEKOLAH INKLUSI ALUNA JAKARTA SELATAN

Heriyanti Heriyanti

Abstract


What defines a human being as a social species in fact shows that human beings want to have been in permanent contact and must have required a communication what they have with others or others in the neighborhoods, even want to know what is happening inside of him. Curiosity it forces people have to communicate. Children with special needs tunarungu faced obstacles in the process of talk and its language caused by an abnormality of hearing. As a result of this hampered the development of talk and its language, children of tunarungu will experience slowness and difficulties in things that bear on the communication. Hearing loss which have occurred since born have a greater impact hopefully with a early detection and intervention done quickly and properly before she was 6 months of by the provision of implant cohlear (CI). A method of auditory verbal therapy (AVT) is approach through stimulation use the rest of the hearing he would had. The subject of this research were kindergarten students of Aluna Kindergarten School with total of 11 students. In this research to be observed is the method auditory verbal therapy (AVT) to develop the ability to communicate the children of tunarungu cochlear implant user (CI) in the school of inclusion of Aluna Kindergarten School in South Jakarta. The research uses a method of descriptive qualitative research was conducted with in data collection through interviews, observation and documentation to respondents. This Auditory Verbal Therapy (AVT) approach is aimed to make children with the disorder of hearing can be communicate in verbal (speaks and heard) and can grow and study in the vicinity of the school in general and in surrounding Environment to reach the aspiration of that they wants to, as well as for more can participate more active in surrounding environment.
Keywords: Communication, Auditory Verbal Theraphy (AVT) and Cochlear Implant (CI)

 

Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dalam kenyataannya menunjukkan bahwa manusia ingin selalu berhubungan dan memerlukan adanya komunikasi dengan sesamanya atau orang lain dalam lingkungannya, bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia perlu berkomunikasi. Anak berkebutuhan khusus tunarungu mengalami hambatan dalam proses bicara dan bahasanya yang disebabkan oleh kelainan pendengarannya. Sebagai akibat dari terhambatnya perkembangan bicara dan bahasanya, anak tunarungu akan mengalami kelambatan dan kesulitan dalam hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi. Gangguan pendengaran yang terjadi sejak lahir mempunyai dampak lebih besar sehingga dengan adanya deteksi dini maka intervensi dilakukan secara cepat dan tepat sebelum berusia 6 (enam) bulan dengan pemberian cohlear implant (CI). Metode Auditory Verbal Therapy (AVT) merupakan pendekatan melalui stimulasi pendengaran yang menggunakan sisa pendengaran yang dimilikinya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dan siswi TK Aluna berjumlah 11 siswa dan siswi. Dalam penelitian ini yang akan diamati adalah Metode Auditory Verbal Therapy (AVT) dalam pengembangan kemampuan komunikasi anak tunarungu pengguna cochlear implant (CI) di Sekolah Inklusi Aluna Jakarta Selatan. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada responden. Pendekatan Auditory Verbal Therapy (AVT) ini bertujuan agar anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran dapat berkomunikasi secara verbal (berbicara dan mendengar) serta dapat tumbuh dan belajar di lingkungan sekolah pada umumnya dan di lingkungan sekitarnya dalam mencapai cita-cita yang diinginkannya, serta untuk lebih dapat berpartisipasi lebih aktif dilingkungan sekitarnya.
Kata kunci: Komunikasi, Auditory Verbal Theraphy (AVT) dan Cochlear Implant (CI)


Full Text:

PDF

References


Deddy Mulyana, 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya

Devito, A. Joseph. 2011. Komunikasi Antara Manusia. Jakarta: Professional Books

Dornan dkk, 2009. Longitudinal study of Speech Perception, Speech, and Languange or Children with Hearing loss in an AuditoryVerbal Therapy Program (online), Vol 109 (2-3). (http://ebookbrowse.com)

Liliweri, Alo. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Kencana

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana

Mangunsong, Frieda: 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3 UI.

Meadow, (1976); Myklebust (1953), dalam Toto Bintoro(1994:1)

Moleong, 2008. Lexy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nicholas , J.G dan Geers , A E .2006 NH Public Access, Effects of Early Auditory Experience on the Spoken Languange of Deaf Chlidren at 3 Year of Age (online). (http://www.pediatrics.org)

Onong uchjana Effendy. 2006. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung:Penerbit Remaja Rosda Karya.

Rafael Lisinus & Pastiria Sembiring, 2020 Pembinaan anak berkebutuhan khusus (sebuah prspektif bimbingan dan konseling), Yayasan kita menulis

Riswandi, 2009 : Ilmu komunikasi. Jakarta : Graha Ilmu Sperendo, medel 2017

Supratiknya, 1995. Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius. Somantri, 2006.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta

Soepardi, Efiati Arsyad dkk. 2012. Buku Ajar Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala & Leher. Jakarta: Fakultas Kedokteran UI

Slemenda, Jack. 2008 Auditory Verbal therapy (online), (http://deafed.net)

Warren, Karen, Ellen, 2016”Auditory Verbal Therapy for young children with hearing loss and their families,

and the practitioners who guide them.

Yayasan Aurica. 2018, Menggali kecerdasan melalui bermain (aplikasi auditory therapy verbal (AVT). Surabaya Yayasan Aurica.

Yayasan Aurica. 2020 Kelas AVT online

Zizlavsky , Semiramis dkk. 2014. “Posisi elektroda intrakoklea dan ECAP sebagai pedoman pemetaan pada tuli sensorineural dengan implan

Skripsi “Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Melalui Metode Auditory Verbal Therapy (AVT) (study kasus terhadap siswa “X”di Yayasan Aurica Surabaya tahun 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.