KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA ERA PANDEMI COVID-19

Adila Afika, Alifah Setiawulan Prihantini, Devy Rahmasari, Regina Syah Putri, Yosefa Annunsianes Wuran, Ratnawati Susanto

Abstract


During the Covid-19 pandemic as it is today, many people have experienced changes in how they work. One of the fields of education. The learning process moves from a face-to-face system to a bold or online learning system. This results in the teacher or lecturer having the role of a new, more complex level of challenge, because of how to make complete learning with effective mastery for students. But also how the educational organization of learning with students. The research method used is to use a qualitative descriptive method, using a sample size of 62 people consisting of students at the middle school, high school and college from various regions in Indonesia. Data collection was carried out using an online questionnaire with Google Form. The results showed that the pedagogical competencies that included how teachers or lecturers taught in the Covid-19 pandemic era showed that there were still some teachers or lecturers who had not been able to completely implement pedagogical competencies in bold or online learning.
Keywords: Pedagogic competence, Teacher, Pandemic

 

Pada era pandemi Covid-19 seperti saat ini, membuat banyak orang mengalami perubahan cara kerja. Salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Proses pembelajaran berpindah dari sistem tatap muka menjadi sistem pembelajaran secara daring atau online. Hal ini mengakibatkan guru atau dosen memiliki peran serta tantangan baru yang lebih kompleks, karena bagaimana membuat pembelajaran tuntas dengan tingkat penguasaan efektif bagi para peserta didik. Tetapi juga bagaimana mengelola pembelajaran yang edukatif dengan anak didik. Metode penelitian yang digunakan ialah memakai metode deskriptif kualitatif, menggunakan jumlah sampel sebesar 62 orang yang terdiri dari peserta didik tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi yang berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket secara online dengan Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang mencakup bagaimana guru atau dosen mengajar di era pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa masih ada beberapa guru atau dosen yang belum dapat mengimplementasikan kompetensi pedagogik secara tuntas pada pembelajaran secara daring atau online.
Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, Guru, Pandemi


Full Text:

PDF

References


Agustina, N. and Susanto, R. (2017) ‘Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 2(1), pp. 44–48. Available at: http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/download/1171/879.

Kumala, V. M., Susilo, J. and Susanto, R. (2018) ‘Sekolah Swasta’, Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan akaompetensi Pedagogik, pp. 1–23.

Rahayu, R. and Susanto, R. (2018) ‘Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas Iv’, JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 220–229. doi: 10.31932/jpdp.v4i2.178.

Salikin, H. (2011) ‘Melihat Kembali Profesionalitas Pendidik’, Pengembangan Pendidikan, 8(1), pp. 257–271.

Satori, D. et al. (2015) PROFESI KEGURUAN. 1st edn. Edited by E. Purwanto. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sulfemi, W. B. and Lestari, A. H. (2017) ‘Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor’, Jurnal Ilmiah Edutecno, 16(1), pp. 1–17.

Susanto, R. (2017) ‘Senam Otak Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa Pgsd , Fkip Universitas Esa Unggul , Jakarta .’, Unisbank, 3(1), pp. 821–829. Available at: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/articl/.../5030.

Susanto, R. et al. (2018) ‘Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, International Journal of Elementary Education, 2(2), pp. 81–86. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE.

Susanto, R. (2020) ‘1 / 23’, (Kip 210), pp. 1–23.

Susanto, R. et al. (2020) ‘Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03’, International Journal of Community Service Learning, 4(2), pp. 125–138. doi: 10.23887/ijcsl.v4i2.25657.

Susanto, R. and Rachmadtullah, R. (2019) ‘Model of pedagogic competence development: Emotional intelligence and instructional communication patterns’, International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), pp. 2358–2361.

Susanto, R., Rachmadtullah, R. and Rachbini, W. (2020) ‘Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education’, Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), pp. 1–14. doi: 10.29333/ejecs/311.

Susanto, R. and Rozali, Y. A. (2020) MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK. 1st edn. Edited by Y. N. I. Sari. Depok: Rajawali Pers.

Susanto, R., Rozali, Y. A. and Agustina, N. (2019) ‘Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern’, Universal Journal of Educational Research, 7(10), pp. 2124–2132. doi: 10.13189/ujer.2019.071010.

Yulianti, F. (2012) ‘Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI’, Jurnal Tarbawi, 2(2), pp. 109–123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.