PENGARUH PENERAPAN SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SD KATOLIK RICCI 2

Pipit Nur Fajrianil, Ainur Rosyid

Abstract


This research is motivated by the phenomenon of low learning concentration found in class V A. Without concentration, learning will not run optimally. The aim of the study was to see whether there was an effect of brain exercise on the learning concentration of grade V A students at Ricci 2 Catholic Elementary School. This research is a quantitative study using the ex post facto method. The population in this study were students of class V A who were relevant to 28 students. This research was conducted during nine months of development from February 2020 to October 2020. The data learning technique in the study used a questionnaire. Hypothesis results using a partial test (t test) obtained tcount = 6.622> ttable = 2.056 with a significant 0.000 <0.005. These results indicate that H0 is rejected and H1 is accepted, which has a positive and significant effect between brain exercise and learning concentration.
Keywords: Brain Gym, Learning Concentration

ย 

Penelitian ini dilatar belakangi fenomena rendahnya konsentrasi belajar yang terdapat pada siswa kelas V A. Tanpa adanya konsentrasi maka belajar tidak akan berjalan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V A di SD Katolik Ricci 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekspost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama Sembilan bulan terhitung pada bulan februaru 2020 hingga oktober 2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 6,622> ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,056 dengan signifikan 0,000 < 0,005. Hasil ini menunjukkan ๐ป0 ditolak dan ๐ป1 diterima yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara senam otak dengan konsentrasi belajar.
Kata Kunci: Senam Otak, Konsentrasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Anshori, Muslich dan Iswati, S. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (1st ed.). Airlangga Universitas Press.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah (ed.); 8th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Caswati dkk. (2017). Pengaruh Brain Gym Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. 1(1), 94โ€“103.

Dikir, Y., Badi, A., & Fitriana, L. B. (2016). Senam Otak ( Brain Gym ) Berpengaruh terhadap Tingkat Stres pada Anak Usia Sekolah Kelas V di SD Negeri Pokoh 1 Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta Grade at SD Negeri Pokoh 1 Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. 4(2), 70โ€“74.

Fauziah, Z. (2015). PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 2B MI AL-FITHRAH SURABAYA. 14โ€“34.

Gunandi, T. (2012). Optimalkan Otak Kanan dan Kiri. Penebar Plus.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Gangguan Konsentrasi (B. S. Florensia (ed.); 1st ed.). Puspa Swara, Anggota IKAPI.

Indriastanto, M. S. (2017). Senam Otak (Brain Gym) untuk Anak Autis. Intishar.

Prasasti, F. . (2015). Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 16 Surakarta Tahun ajaran 2014/2015.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika (14th ed.). Alfabeta.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. 1, 105โ€“113.

Sariana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Pasarwajo Kab. Buton.

Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. DEEPUBLISH.

Supardi, S. D. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Kreativitas Siswa.

Susanto, R. (2017). Proses Penerapan Keterampilan Menejemen Kelas dengan Senam Otak dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD,FKIP Universitas Esa Unggul Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank Ke-3, 1, 821โ€“829.

Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 81โ€“86.

Susanto, R. (2019). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak (Brain Gym) Di SD Pelita 2 Jakarta Dosen Tetap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul Pendahuluan Proses

Anshori, Muslich dan Iswati, S. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (1st ed.). Airlangga Universitas Press.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah (ed.); 8th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Caswati dkk. (2017). Pengaruh Brain Gym Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. 1(1), 94โ€“103.

Dikir, Y., Badi, A., & Fitriana, L. B. (2016). Senam Otak ( Brain Gym ) Berpengaruh terhadap Tingkat Stres pada Anak Usia Sekolah Kelas V di SD Negeri Pokoh 1 Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta Grade at SD Negeri Pokoh 1 Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. 4(2), 70โ€“74.

Fauziah, Z. (2015). PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 2B MI AL-FITHRAH SURABAYA. 14โ€“34.

Gunandi, T. (2012). Optimalkan Otak Kanan dan Kiri. Penebar Plus.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Gangguan Konsentrasi (B. S. Florensia (ed.); 1st ed.). Puspa Swara, Anggota IKAPI.

Indriastanto, M. S. (2017). Senam Otak (Brain Gym) untuk Anak Autis. Intishar.

Prasasti, F. . (2015). Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 16 Surakarta Tahun ajaran 2014/2015.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika (14th ed.). Alfabeta.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. 1, 105โ€“113.

Sariana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Pasarwajo Kab. Buton.

Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. DEEPUBLISH.

Supardi, S. D. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Kreativitas Siswa.

Susanto, R. (2017). Proses Penerapan Keterampilan Menejemen Kelas dengan Senam Otak dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD,FKIP Universitas Esa Unggul Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank Ke-3, 1, 821โ€“829.

Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 81โ€“86.

Susanto, R. (2019). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak (Brain Gym) Di SD Pelita 2 Jakarta Dosen Tetap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul Pendahuluan Proses Pemanusiaan Manusia dalam Hakikat Pemanusiaan Manusia Muda. March 2017.

Susanto, R. (2020). Kontribusi Faktor Mendasar Kepuasan Kerja : Fondasi Pengembangan Profesionalitas. 4(1), 232โ€“248.

Susanto, R., & Rozali, Y. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik (1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2020). Pedagogic Competence Development Model : Pedagogic Knowledge and Reflective Ability. 422(icope 2019), 19โ€“23.

Wahyuti, S. M. (2017). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa untuk Berprestasi yang Bebas dari Kecemasan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XII MB Semester 1 SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Pembelajaran 2016/2017 (1st ed.). Penerbit Graha Cipta Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.