PENGARUH LITERASI PEDAGOGIK PENDIDIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SD RABBANIYYUN ISLAMIC SCHOOL

Petrus Iwan Dwi Purnono, Sayid Muhammad Chaeder Muthahar, Shintia Desna br Tarigan, Ratnawati Susanto

Abstract


Problems faced by Rabbaniyyun Islamic Primary School Cilangkap, East Jakarta, they have constraints in the lack of student interest in learning in Indonesian language content. The solution offered is the pedagogic literacy ability of an educator in teaching learning content in Indonesian for grade 4 properly. The purpose of this study was to determine the effect of educators' pedagogic literacy on learning interest. This is a qualitative research with interview and observation methods. The research object usesbpedagogic literacy of educators and interest in learning. The operational definition of the pedagogic literacy variable of educators is the teaching skills of educators in processing and understanding reading and writing activities, while the variable of learning interest is the interest of students in learning which is shown in a sense of enthusiasm and activeness in learning. The study of population was grade 4 students of Rabbaniyyun Islamic Primary School Cilangkap, East Jakarta with a sample of 4B grade students. The data collection technique used a questionnaire. The results of this study showed a significant influence between pedagogic literacy of educators on the learning interest of grade 4 students. Keywords: Literacy, Pedagogy and the interest to study.

 

di SD Rabbaniyyun Islamic School Cilangkap Jakarta Timur memiliki kendala dalam minimnya minat belajar peserta didik dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Maka solusi yang ditawarkan adalah kemampuan literasi pedagogik seorang pendidik dalam mengajarkan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi pedagogik pendidik terhadap minat belajar. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Objek penelitian yaitu literasi pedagogik pendidik dan minat belajar. Definisi operasional variabel literasi pedagogik pendidik yaitu keterampilan mengajar pendidik dalam mengolah dan memahami aktivitas membaca dan menulis sedangkan variabel minat belajar yaitu ketertarikan peserta didik dalam belajar yang ditunjukan pada rasa antusias dan keaktifan dalam belajar . Populasi penelitian yaitu siswa-siswi kelas 4 SD Rabbaniyyun Islamic School Cilangkap Jakarta Timur dengan sampel yaitu siswa-siswi kelas 4B. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini adanya pengaruh yang signifikan antara literasi pedagogik pendidik terhadap minat belajar siswa kelas 4.

Kata Kunci : Literasi, Pedagogik dan Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Dewi, A., & Susanto, R. (2018). ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SDN JOGLO 04 PETANG (studi pre-eksperimen). JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179

KBBI. (2016). KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia (dalam jaringan).

Kumala, V. M., Susilo, J., & Susanto, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan Kompetensi Pedagogik Serta Perbedaannya di Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Hubungan Pengetahuan Pedagogik Dengan Akaompetensi Pedagogik.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Putri, A. A. (2019). GAMBARAN KOMPETENSI PENGAJAR DI YAYASAN WAHANA INKLUSIF INDONESIA. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p59-64

Rantawati Susanto. (2017). Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas dengan Senam Otak dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD, FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL, JAKARTA. Ratnawati. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.

Susanto, R. (2017). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak (Brain Gym) di SD Pelita 2, Jakarta Barat. Jurnal Abdimas.

Susanto, R. (2019). Lecturers’ Professionalism in Shaping Students’ Perceptions and Commitments. Journal of Education Research and Evaluation. https://doi.org/10.23887/jere.v3i1.17768

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., … Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning.

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susanto, R., Syofyan, H., & Rachmadtullah, R. (2020). Teacher Leadership in Class on The Formation of School Values and Characters of School-Ages. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290861 Ratnawati Susanto, Yuli Asmi Rozaki (2020). Buku Model Pengembangan kompetensi Pedagogik.

Dewi, A., & Susanto, R. (2018). ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SDN JOGLO 04 PETANG (studi pre-eksperimen). JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179

KBBI. (2016). KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia (dalam jaringan).

Kumala, V. M., Susilo, J., & Susanto, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan Kompetensi Pedagogik Serta Perbedaannya di Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Hubungan Pengetahuan Pedagogik Dengan Akaompetensi Pedagogik.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Putri, A. A. (2019). GAMBARAN KOMPETENSI PENGAJAR DI YAYASAN WAHANA INKLUSIF INDONESIA. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p59-64

Rantawati Susanto. (2017). Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas dengan Senam Otak dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD, FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL, JAKARTA. Ratnawati. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.

Susanto, R. (2017). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak (Brain Gym) di SD Pelita 2, Jakarta Barat. Jurnal Abdimas.

Susanto, R. (2019). Lecturers’ Professionalism in Shaping Students’ Perceptions and Commitments. Journal of Education Research and Evaluation. https://doi.org/10.23887/jere.v3i1.17768

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., … Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susanto, R., Syofyan, H., & Rachmadtullah, R. (2020). Teacher Leadership in Class on The Formation of School Values and Characters of School-Ages. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290861

Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality, DKI Jakarta Province).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.