PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS STEM PADA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IV SDN SERDANG WETAN

Pahrun Nisa, Oktian Fajar Nugroho

Abstract


This study aims to develop STEM-based science teaching materials in grade IV SDN Serdang Wetan. This study uses a research and development method by adapting the Borg and Gall system design and learning model. Based on the results of problem analysis through observation, interviews, and field questionnaires, it shows that the science learning that takes place at SDN Serdang Wetan is still lacking in teaching materials used and the teaching materials used have not improved the conditions of scientific literacy by solving problems in the real world by creating relevant works. with life, so it is necessary to develop in the use of ready-made teaching materials based on STEM. Product validation involves 4 experts. In the product validation that will be assessed in the form of appropriateness of content, language, and presentation according to BNSP. After being revised it was then tested on a small scale. The results show the expert's assessment with an average rating of 90% with very valid criteria.
Keywords: research and development, STEM-based teaching materials

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA berbasis STEM di kelas IV SDN Serdang Wetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model desain sistem dan pembelajaran Borg and Gall. Berdasarkan hasil analisis masalah melalui obserwasi, wawancara, dan kuesioner lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang berlangsung di SDN Serdang Wetan masih minimnya bahan ajar yang digunakan dan bahan ajar yang digunakan belum meningkatkan kondisi literasi sains dengan memecahkan permasalahan dalam dunia nyata dengan menciptakan sebuat karya yang relevan dengan kehidupan, sehingga diperlukan pengembangan dalam penggunaan bahan ajar yang sudah jadi dengan berbasis STEM. Validasi produk melibatkan 4 orang ahli. Dalam validasi produk yang akan dinilai berupa kelayakan isi, bahasa, dan penyajian menurut BNSP. Setelah direvisi kemudian diuji coba dalam skala kecil. Hasilnya menunjukkan penilaian para ahli dengan rata-rata penilaian sebesar 90% dengan kriteria sangat valid.
Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, bahan ajar berbasis STEM

 


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Grasindo. Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 117-125. Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi Dalam Pembelajaran Sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, Pp. 23-34). Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujadi, I. (2019). Peran Pembelajaran Matematika Pada Penguatan Nilai Karakter Bangsa Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Silogisme, 1(1).

Sundayana, Wachyu. (2017). Telaah Kurikulum & Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: penerbit erlangga Syofyan, H., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2019). Pengembangan Awal Bahan Ajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 52-67. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, Pp. 263-278).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.