PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Syananiel Hudha Pratama, Diki Nur Ananda, Fatiha Mutiara Aji, Oksana Qibrael

Abstract


As time went on and as the intellectual and quality of life increased, so education became more complex. Teachers as educators urgently need a wide variety of knowledge and skills that meet the requirements for the development of the age and advancement of science and technology. Teachers are required to professional and meet pedagogical competence to create an effective learning quality for learners so as to improve students learning results. To find out how much the pedagogistic teacher's competence has affected the results of his study of mathematics in SDN Jatirangga II Bekasi. Studies show that the pedagogical competence of teachers at SDN Jatirangga II Bekasi still needs to be increased because the average value students earn is below minimum. They are caused by methods of learning, teaching strategies, and the use of teaching media that are still not done and used in an optimum way. From such studies it may be concluded that the pedagogical competence of teachers affected the results of studying the fourth grade students mathematics of the SDN Jatirangga II Bekasi.
Keywords: pedagogical competence, learning skills, teaching skills

Seiring berjalannya waktu dan semakin pesatnya tingkat intelektualitas serta kualitas kehidupan, maka pendidikan pun menjadi lebih kompleks. Guru sebagai pendidik sangat memerlukan beraneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang memadai yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru dituntut untuk profesional dan memenuhi kompetensi pedagogik agar tercipta kualitas proses pembelajaran yang efektif untuk peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa SDN Jatirangga II Bekasi, maka diberikan kuisioner kepada 25 siswa kelas IV di SDN Jatirangga II Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SDN Jatirangga II masih perlu ditingkatkan karena rata- rata nilai yang diperoleh siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran, strategi mengajar, dan penggunaan media mengajar yang masih belum dilakukan dan digunakan secara optimal. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Jatirangga II Bekasi.
Kata kunci: Kompetensi pedagogik, keterampilan belajar, keterampilan mengajar

 


Full Text:

PDF

References


Dewi, A., & Susanto, R. (2018). ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SDN JOGLO 04 PETANG (studi pre-eksperimen). JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 230–243. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179

Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 39–45. Retrieved from http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/232/160

Susanto, R. (2017). Senam Otak Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa Pgsd , Fkip Universitas Esa Unggul , Jakarta . Unisbank, 3(1), 821–829. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/articl/.../5030

Susanto, R. (2018). Pengkondisian Kesiapan Belajar Untuk Pencapaian Hasil Belajar Dengan Gerakan Senam Otak. Jurnal Eduscience, 3(2), 63. Retrieved from http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/2504/2148

Susanto, R., Febrianti, N., Husna, N. I., & Putri, A. A. (2018). Pengetahuan Pedagogik, 5(September). Retrieved from http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/2455/2109

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., … Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susanto, R., & Unggul, U. E. (2020). Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province ), 19(3), 167–182. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.114

Susanto R, Rozali Y.A. 2020. Modul Pengembangan Kompetensi Pedagogik. Ed 1. Rajawali Pers. Depok


Refbacks

  • There are currently no refbacks.