KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DARI RUMAH TVRI

Mahwar Alfan Nisa, Oktafiani Oktafiani, Ratnawati Susanto

Abstract


The purpose of this study was to determine the ability of the pedagogical competence of Imam Mahmud's Tutoring teachers in implementing learning strategies through the use of learning resources from the TVRI house and to determine the inhibiting factors for teachers in implementing learning strategies through the use of learning resources from the TVRI house (technology-based). This study used a qualitative approach with descriptive methods with observation techniques. The results obtained from this study are that the pedagogical competence of teachers in implementing learning strategies using learning resources from TVRI's home is still in a less mastered level. This is because there are factors inhibiting teachers from using technology-based learning resources. The inhibiting factor is in learning, teachers still use conventional strategies; teachers will minimal use of technology-based learning resources; lack of technology-based facilities in learning; and teachers focus more on the knowledge and attitudes of students than on the skills of students. In this case the teacher must improve their pedagogical competence, especially in implementing learning strategies using learning resources from TVRI's home so that learning can be carried out more optimally.
Keywords: Pedagogic Competence, Learning Strategies, Learning Resources, TVRI Home Learning Program

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kompetensi pedagogik pada guru Bimbingan Belajar Imam Mahmud dalam menerapkan strategi pembelajaran melalui pemanfaatan sumber belajar dari rumah TVRI dan untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam menerapkan strategi pembelajaran melalui pemanfaatan sumber belajar dari rumah TVRI (berbasis teknologi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik observasi. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik pada guru dalam menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar dari rumah TVRI masih dalam taraf yang kurang menguasai. Hal tersebut dikarenakan terdapat faktor penghambat guru dalam menggunakan sumber belajar berbasis teknologi. Faktor penghambatnya yaitu dalam pembelajaran, guru masih menggunakan strategi konvensional ; guru minim akan penggunaan sumber belajar berbasis teknologi ; kurangnya fasilitas berbasis teknologi dalam pembelajaran ; dan guru lebih memfokuskan kepada pengetahuan dan sikap peserta didik daripada keterampilan peserta didik. Dalam hal ini guru harus meningkatkan kompetensi pedagogiknya terutama dalam menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar dari rumah TVRI sehingga pembelajaran dapat dilakukan lebih optimal.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Strategi Pembelajaran, Sumber Belajar, Program Belajar dari Rumah TVRI


Full Text:

PDF

References


Amiruddin, Barkat. 2020. “Persepsi Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Progam Belajar Dari Rumah.” Jurnal As-Salam 4(1): 28–36.

Asiah, Nur. 2017. “Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif ( Active Learning ) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4(1): 20–33.

Asrial, Asrial, Syahrial Syahrial, Dwi Agus Kurniawan, and Retno Septiasari. 2019. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Kompetensi IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 8(2): 149–57.

Dewi, Anita, and Ratnawati Susanto. 2018. “Analisis Pengaruh Pembelajaran Quantum Terhadap Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA Di SDN Joglo 04 Petang (Studi Pre-Eksperimen).” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 4(2): 230–43.

Ifrianti, Syofnidah. 2018. “Membangun Kompetensi Pedagogik Dan Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5(1): 1–18.

Ilyandani, Lilia Senja, and Ratnawati Susanto. 2018. “Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019.” ESJ (Elementary School Journal) 8(3): 120–28.

Indriani, Fitri. 2016. “Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di PGSD UAD Yogyakarta.” Elementary School 3(1): 1–12.

Jailani, M Syahran, and Abdul Hamid. 2016. “Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)).” Jurnal Pendidikan Islam 10(2): 175–92.

Kumala, Vivi May, Jinny Susilo, and Ratnawati Susanto. 2018. “Hubungan Pengetahuan Pedagogik Dengan Kompetensi Pedagogik Serta Perbedaannya Di Sekolah Negeri Dan Sekolah Swasta.” Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan Kompetensi Pedagogik pentingnya 1(4): 1–23.

Kurniawati, Lia. 2019. “Implikasi Standar Program Siaran Pada Tayangan Edukasi Dan Artistik TVRI Jawa Barat.” ProTVF 3(2): 141–54.

Marianti, and Ratnawati Susanto. 2017. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Ilmiah Sekolah dasar 1(4): 260–69.

Muali, Chusnul. 2016. “Kontruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar.” Jurnal Pendidikan 3(2): 1–12.

Muttaqien, Fajar. 2017. “Penggunaan Media Audio-Visual Dan Aktivitas Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X (Quasy Experiment : SMAN 8 Garut).” Jurnal Wawasan Ilmiah 8(1): 25–41.

Nasution, muhaammad irwan. 2016. “Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Iqra’ 10(1): 1–15.

Rahayu, Reka, and Ratnawati Susanto. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 4(2): 220–29.

Sulfemi, Wahyu Bagja, and Ayu Hopilatul Lestari. 2017. “Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor.” Jurnal Ilmiah Edutecno 16(1): 1–17.

Susanto, Ratnawati. 2017. “Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas Dengan Senam Otak Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD, FKIP Universitas Esa Unggul, Jakarta.” Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank 3(1): 821–29.

Susanto, Ratnawati, and Reza Rachmadtullah. 2019. “Model Of Pedagogic Competence Development : Emotional Intelligence And Instructional Communication Patterns.” International Jornal of Scientific & Technology Research 8(10): 8–11.

Susanto, Ratnawati, Reza Rachmadtullah, and Widarto Rachbini. 2020. “Technological and Pedagogical Models : Analysis of Factors and Measurement of Learning Outcomes in Education.” Journal of Ethnic and Cultural Studies 7(2): 1–14.

Susanto, Ratnawati, and Yuli Asmi Rozali. 2020. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik : Teori, Konsep, Dan Konstruk Pengukuran. 1st ed. ed. Yunita Nur Indah Sari. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Susanto, Ratnawati, Yuli Asmi Rozali, and Noni Agustina. 2019. “Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers : Pedagogical Knowledge , Reflective Ability , Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern.” Universal Journal of Educational Research 7(10): 2124–32.

Zaini, Hisyam. 2017. “Teori Pembelajaran Bahasa Dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif.” Jurnal An - Nabigho 19(02): 194–212.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.