ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD DURI KEPA 05

Khoirul Anwar, Raihan Nuri, Anisah Nur Athifah, Reza Novayulianti

Abstract


Analysis is an activity which consists of various activities at the time of choosing different ones to be grouped again based on certain criteria and then looking for it, then interpreting its meaning. This analysis is a reference for understanding and explaining the process in various things contained therein. The purpose of this analysis is as data analysis, which in turn can be used for the purposes needed in analyzing. Teaching is one of the main tasks for a teacher, where the teacher is able to convey material to students so that what happens, children do not know that they have changed to know, and those who do not understand become understand. During the Covid-19 Pandemic, every teacher conducted online learning, as was done by SD Duri Kepa 05, every teacher was required to provide material through online learning. Dare is a state of computers that exchange information, because it is connected to an internet. This online is connected via computer networks, the internet, and so on. Due to the development of the times during a pandemic like this is getting wider. Dare this as an interaction between someone and someone through conversation, which can be done in student learning activities. With learning from students, students can think critically which leads students to solve problems, as well as students who can do learning anywhere and anytime, and teachers who can see student posts and provide feedback on students' assignments.
Keywords: Analysis, E-Learning, and Critical Thinking

Analisis merupakan suatu kegiatan yang terdiri dari berbagai kegiatan pada saat memilih, membedakan untuk dikelompokkan lagi berdasarkan kriteria tertentu lalu kemudian dicari kaitannya kemudian ditafsirkan maknanya. Analisis ini sebagai acuan untuk memahami serta menjelaskan mengenai proses masalah dalam berbagai hal yang terdapat didalamnya. Tujuan dari analisis ini sebagai pengumpulan data yang kemudian akhirnya data-data ini bisa dipakai untuk keperluan yang diperlukan dalam menganalisis. Mengajar ialah salah satu tugas utama bagi seorang guru, dimana guru mampu menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik sehingga yang tadinya anak tidak tahu mengalami perubahan menjadi tahu, dan yang tidak mengerti menjadi mengerti. Dimasa Pandemi Covid-19 ini, setiap guru melakukan pembelajaran melalui daring, seperti yang dilakukan SD Duri Kepa 05, setiap guru wajib memberikan materi melalui pembelajaran Daring. Daring merupakan keadaan computer yang saling bertukar informasi, karena terhubung ke sebuah internet.
Daring ini terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Karena semakin berkembangnya zaman pada saat pandemi seperti ini semakin diperluas. Daring ini sebagai interkasi antara seseorang dengan seseorang melalui percakapan, yang bisa dilakukan dalam kegiatan pembelajaran siswa. dengan adanya pembelajaran dari ini siswa dapat berpikir kritis yang mengarahkan siswa untuk bisa menyelesaikan masalah, serta siswa bisa melakukan belajar daring ini dimana saja dan kapan saja, dan guru bisa melihat postingan siswa dan memberikan feedback tugas dari siswa.
Kata Kunci : Analisis, Pembelajaran Daring, dan Berpikir Kritis

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19, 5.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, 2.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.

Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, D. A. U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 padaGuru Sekolah Dasar.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147.

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK (Edisi ke 2). Bandung: Penerbit ALFABETA.

Sakti, G., Sulung, N., Fort, U., & Bukittinggi, D. K. (2020). Analisis pembelajaran di masa pandemik covid 19 ( literatur review) 1), 5(3).

Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.