PEDAGOGIK KRITIS PADA GURU DI SEKOLAH DASAR

Fadhila Ramadhani, Reinna Devianti, Hindra Panji Hibowo

Abstract


In the era of globalization, education is developing very rapidly, which requires citizens to have knowledge that is appropriate to the times. This knowledge is obtained from education, which consists of teachers and students who are interconnected and have their respective functions and roles in order to achieve needs that are in accordance with the current era. This study focuses on teachers who can make students become independent and mature human beings through education because they are the ones who can develop students' potential for the future. To be a quality teacher, the teacher must have a critical pedagogy in order to get to know students well. Students are not robots who have to obey and only listen to the instructions of the teacher in learning activities. Teachers must pay attention to the cognitive, affective, and psychomotor aspects of students. This can be realized if the teacher applies appropriate teaching methods when carrying out teaching activities. The purpose of this study is to collect critical pedagogical theory and provide appropriate learning models as solutions so that students are active and learning becomes meaningful. The type of research used is qualitative with grounded theory research methods using theory development principles, namely collecting existing theories and adding new theories. The conclusion from the learning research models in research journals is proven to make students active in the learning process.

 

Di era globalisasi pendidikan berkembang sangat cepat yang mengharuskan warga negara memiliki pengetahuan yang sesuai dengan zaman. Pengetahuan ini didapatkan dari pendidikan yang terdiri dari guru dan siswa yang saling berhubungan serta mempunyai fungsi dan perannya masing-masing demi mencapai kebutuhan yang sesuai dengan era saat ini. Penelitian ini berfokus pada Guru yang bisa membuat siswa menjadi manusia mandiri dan dewasa melalui pendidikan karena merekalah yang dapat mengembangkan potensi siswa untuk masa depan. Untuk bisa menjadi guru yang berkualitas maka guru harus memiliki pedagogik kritis agar dapat mengenal siswa dengan baik. Siswa bukanlah robot yang harus patuh dan hanya mendengarkan titah guru dalam kegiatan pembelajaran begitu saja. Guru harus memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Hal itu dapat terwujud jika Guru menerapkan cara mengajar yang tepat saat melakukan kegiatan mengajar. Tujuan penelitian ini mengumpulkan teori pedagogik kritis dan memberikan model pembelajaran yang tepat sebagai solusi agar siswa aktif dan pembelajaran menjadi bermakna. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan metode penelitian grounded theory/teori dasar dengan memakai prinsip pengembangan teori yaitu, mengumpulkan teori-teori yang telah ada kemudian ditambah teori baru. Kesimpulan dari penelitian ini model-model pembelajaran di dalam jurnal penelitian sudah terbukti dapat menjadikan siswa aktif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pedagogik, Pedagogik Kritis, Model Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Ahsanul Fitri, R., Adnan, F. and Irdamurni (2020) ‘PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR’, JURNAL BASICEDU, 5(VOL 5 NO 1), pp. 88–101. Available at: http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/570/pdf.

Aiman, U. and Ramadhaniyah Ahmad, R. A. (2020) ‘MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR’, Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1, pp. 1–5. Available at: https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/195/154.

Bahtiar, B. and Rabani, L. (2019) ‘MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SDN 8 KUSAMBI’, Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar. doi: 10.36709/jobpgsd.v2i3.14357.

Darmadi (2017) Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Deepublish.

DePorter, B., Reardon, M., dan Singer-Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Abdullah (2017) ‘Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa’, Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(No 1), pp. 45–62. doi: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45.

Ahsanul Fitri, R., Adnan, F. and Irdamurni (2020) ‘PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR’, JURNAL BASICEDU, 5(VOL 5 NO 1), pp. 88–101. Available at: http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/570/pdf.

Aiman, U. and Ramadhaniyah Ahmad, R. A. (2020) ‘MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR’, Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1, pp. 1–5. Available at: https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/195/154.

Bahtiar, B. and Rabani, L. (2019) ‘MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SDN 8 KUSAMBI’, Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar. doi: 10.36709/jobpgsd.v2i3.14357.

Darmadi (2017) Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Deepublish.

Dewi, A. and Susanto, R. (2018) ‘ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SDN JOGLO 04 PETANG’, JURNAL PENDIDIKAN PERKHASA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR, 4(VOL 4 N0 2), pp. 230–243. doi: https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179.

Eka Betari, M., Yanthi, N. and Rostika, D. (2020) ‘PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD’, Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(Vol 1. No 2 (2020) Jurnal pendidikan dasar), pp. 1–17. Available at: https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/159/102.

Emzir (2019) METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF & KUALITATIF. 11th edn. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Eviani, Utami, S. and Sabri, T. (2020) ‘PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS IPA KELAS V SD’, Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1((2)), pp. 1–20. Available at: https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/139/95.

F.Goey Ray, F., E.Oya Nahak, K. and N.Bunga, B. (2014) ‘PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS V SD IPRES OEPURA I KUPANG’, Proceeding generasi emas indonesia berbasis... Available at: http://fkip.undana.org/proju/2014/2014-10.pdf.

Fridani, N., Hasruddin, H. and Sitompul, H. (2020) ‘PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH’, JPPIPAI Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 1(1), pp. 24–28. Available at: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPPIPAI/article/view/19432.

Hastuti, H. and Yasin, M. (2020) ‘meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual di kelas V sdn 1 WALASIHO’, Journal of basication (JOB) Jurnal pendidikan dasar, 2, pp. 17–24. doi: https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v2i1.14331.

Indriyawati, Handayanto, S. K. and Latifah, E. (2020) ‘Studi Kuantitatif Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Melalui Penerapan Scaffolding Gabungan dalam Pembelajaran IPA Berbasis STEM’, JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 5(2), pp. 99–105.

Khasri, M. R. K. (2019) ‘Liberating People; Critical Pedagogy on the Revolutionary Thought of Hassan Hanafi’, Nadwa. doi: 10.21580/nw.2019.1.1.3914.

Khosim, N. (2017) MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Suryamedia publishing. Available at: https://play.google.com/store/books/details?id=NMtEDwAAQBAJ.

Kumala, V. M., Susilo, J. and Susanto, R. (2018) ‘Sekolah Swasta’, Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan akaompetensi Pedagogik, pp. 1–23.

Muga, W., Oje, M. S. and Laksana, D. N. L. (2019) ‘Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd Dalam Pembelajaran Kontekstual Media Mazi (Studi Pada Siswa Sd Kelas Tinggi)’, Journal of Education Technology, 2(1), p. 20. doi: 10.23887/jet.v2i1.13802.

Munandar, H., Izzani, L. M. and Yulian, M. (2020) ‘Penggunaan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (Stem) Pada Konsep Asam Basa Di Sman 1 Baitussalam’, Lantanida Journal, 7(2), p. 112. doi: 10.22373/lj.v7i2.5421.

Noor Rofiq, A. Rafiq and Muhammad Agus Wardani (2020) ‘Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)’, Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), pp. 98–105. doi: 10.29062/dirasah.v3i2.129.

Nur, A. A. (2014) ‘Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Yayasan Mutiara Gambut’, Jurnal Administrasi Pendidikan.

Nurdyansyah and Fahyuni, E. F. (2016) Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013, Nizmania Learning Center.

Octavia, S. A. (2020) MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. 1st edn. Sleman: Deepublish publisher. Available at: https://play.google.com/store/books/details?id=ptjuDwAAQBAJ.

P, S. (2019) ‘PEDAGOGI KRITIS SEJARAH, PERKEMBANGAN DAN PEMIKIRAN’,Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan. doi: 10.47435/jpdk.v4i2.319.

Romadlon, R. (2020) ‘Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Stem Melalui Workshop di Sekolah Dasar Negeri 86/X Harapan Makmur Tahun 2019/2020’, Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(1), p. 102. doi: 10.33087/dikdaya.v10i1.164.

Sakti ismulya, E., Rizqia Amalia, A. and Hamdani Maula, L. (2020) ‘PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR’, JURNAL PERSEDA, 3(VOLUME 3 NO 1 APRIL 2020), pp. 21–25. Available at: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/465/432.

Santika, D. A., Mulyana, E. H. and Nur, L. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini’, Jurnal Paud Agapedia, 4(1), pp. 171–184. doi: 10.17509/jpa.v4i1.27207.

Susanto, A. (2013) ‘Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasat’, Biomass Chem Eng.

Susanto, R. et al. (2018) ‘GERAKAN LITERASI PEDAGOGIK BAGI GURU UNTUK PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN DURI KEPA 17 PAGI DAN SDN JELAMBAR BARU 01 PAGI’, Jurnal Abdimas, 5(Volume 5 Nomor 1, September 2018), pp. 33–43. Available at: https://www.researchgate.net/profile/Ratnawati_Susanto/publication/331966079_C_JURNAL_PUBLIKASI_GERAKAN_LITERASI_PEDAGOGIK_BAGI_GURU_UNTUK_PENINGKATAN/links/5c958e5045851506d7247df1/C-JURNAL-PUBLIKASI-GERAKAN-LITERASI-PEDAGOGIK-BAGI-GURU-UNTUK-PENINGKATAN.

Susanto, R., Agustina, N. and Rozali, Y. A. (2020) ‘ANALYSIS OF THE PEDAGOGICAL COMPETENCY MODEL CASE STUDY OF PUBLIC AND PRIVATE PRIMARY SCHOOLS IN WEST JAKARTA MUNICIPALITY, DKI JAKARTA PROVINCE’, ilkomgretim online - Elementary Education Online, 19(VOL 19. NO 3), pp. 167–182. doi: 10.17051/ilkonline.2020.03.114.

Susanto, R. and Asmi Rozali, Y. (2020) Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran. 1st edn. Edited by Y. N. I. Sari. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Susanto, R., Rachmadtullah, R. and Rachbini, W. (2020) ‘Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education’, Journal of Ethnic and Cultural Studies. doi: 10.29333/ejecs/311.

Susanto, R., Rozali, Y. A. and Agustina, N. (2019) ‘Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern’, Universal Journal of Educational Research. doi: 10.13189/ujer.2019.071010.

Susiloningsih, W. (2016) ‘Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar’, PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. doi: 10.21070/pedagogia.v5i1.89.

Sutrisno, R. R. and Hamdu, G. (2020) ‘APLIKASI MOBILE LEARNING MODEL PEMBELAJARAN STEM UNTUK GURU SEKOLAH DASAR’, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(VOL 3. NO 3), pp. 227–238. doi: 10.17977/um038v3i32020p227.

Temu, A. (2020) ‘Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pkn pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 jonggat tahun pelajaran 2019/2020’, JISIP (jurnal ilmu sosial dan pendidikan), 4(2), pp. 92–96. doi: https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1081.

Wattimena, R. A. A. (2018) ‘Pedagogi Kritis: Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya untuk Indonesia’, Jurnal Filsafat. doi: 10.22146/jf.34714.

Wibawa, I. P. G. S. T., Sariyasa and Suarni, N. K. (2020) ‘PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS STEM DENGAN PENUGASAN BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS VIII’, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), pp. 79–90.

Yuliani, D. (2019) ‘APLIKASI RISET KUALITATIF GROUDED THEORY UNTUK STUDI KASUS’, Jurnal Inspirasi BPSDM Provinsi Jawa Barat, 10(VOL 10 NO 1), pp. 56–67. Available at:https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://inspirasi.bpsdm.jabarprov.go.id/index.php/inspirasi/article/download/70/44&.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.