ANALISIS EVALUASI PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS RENDAH SDN SUKASARI 3

Arif Ramdana, Ajeng Aurel Cahya, Erina Ilma, Septi Bela Diani

Abstract


The development of a continuous process that starts in the womb until it reaches adulthood. Individuals will go through each stage of development to reach adulthood in that process. But the developments that occurred at this time during the Covid 19 pandemic greatly affected the cognitive development of students. Because the teacher cannot follow the development of students directly. Teachers can only watch students through online learning. The purpose of this study was to analyze the evaluation of the development of pedagogic competence in the training of low grade students of SDN Sukasari 3. This study used a qualitative descriptive study, the approach used was an inductive approach. The data obtained represent the results of interviews and field documentation. Based on the research results, students have achieved cognitive development. This can be seen through the achievements of the report cards. One of the factors that support children's cognitive development, namely environmental and family environment factors greatly affect the pattern of children's development to determine their goals.
Keywords: Pedagogic competence, cognitive, student development

 

Perkembangan merupakan proses berkesinambungan yang dimulai sejak dalam kandungan hingga mencapai dewasa. Individu akan melawati tiap tahap perkembangan untuk mencapai dewasa pada proses tersebut. Tetapi perkembangan yang terjadi pada saat ini dimasa pandemi covid 19 sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif peserta didik. Karena guru tidak bisa memantau perkembangan kognitif peserta didik secara langsung. Guru hanya bisa memantau peserta didik melalui pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis evaluasi penerapan kompetensi pedagogik terhadap perkembangan kognitif siswa kelas rendah SDN Sukasari 3.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan induktif.Data yang didapat merupajkan hasil dari wawancara observasi dan dokumentasi lapangan.Berdasarkan hasil penelitian, siswa telah mencapai perkembangan kognitif.Hal tersebut dapat dilihat melalui prestasi raport yang diraih.Salah satu faktor yang mendukung perkembangan kognitif anak yaitu faktor lingkungan dan lingkungan keluarga sangat memengaruhi pola perkembangan kognitif anak untuk menentukan cita-citanya.
Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, kognitif, perkembangan siswa


Full Text:

PDF

References


Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran BErbasis Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Retrieved from http://pti.undiksha.ac.id/senapati.

Aniswita, & Neviyarni. (2018). Perkembangan dan Penerapan Pembelajaran TIK di Sekolah Dasar, 1(6), 1–7.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Falachi, H., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2017). Pengaruh Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Tahun Pelajaran 2016/2017. Aksioma, 8(1), 9. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1508

González, L., Cortés-Sancho, R., Murcia, M., Ballester, F., Rebagliato, M., & Rodríguez-Bernal, C. L. (2020). The role of parental social class, education and unemployment on child cognitive development. Gaceta Sanitaria, 34(1), 51–60. https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2018.07.014

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Guru Profesional, 17(November), 274–285.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Kumala, V. M., Susilo, J., & Susanto, R. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN PEDAGOGIK DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SERTA PERBEDAANNYA DI SEKOLAH NEGERI DAN SEKOLAH SWASTA. SNIPMD, 1(1), 170–181.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99.

Rahmadhani Yeni, Adi Rahmat, W. P. (2016). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains, 6(May 2018), 23.

Susanto, R., & Asmi Rozali, Y. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik. (Y. Nur Indah Sari, Ed.) (1st ed.). Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. Retrieved from http://www.rajagrafindo.co.id

Utiarahman, T. B. (2019). MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PELATIHAN BERJENJANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, 5(3), 215–221.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.