EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA KELAS 2 SDN DURI KEPA 17 PAGI

Erin Luthfi Widya Putri, Heni Oktavia, Vebryanti Vebryanti

Abstract


From the beginning of March 2020, the Corona Virus (Covid-19) outbreak in Indonesia continued to increase, which eventually prompted the government to implement a large-scale social restriction system (PSBB) in DKI Jakarta and several other areas. The application of this system also automatically encourages students to learn online. Although some schools have never used an online system for learning so far, teachers and students are forced to prepare for the implementation, so a solution is needed to overcome this problem. Online learning or distance learning is an alternative way to solve this problem. Online learning or distance learning is also one of the recommended learning methods as a form of distance strategy implemented during the Covid-19 outbreak. The purpose of this study was to obtain information about the effectiveness of the distance learning process during the Covid-19 pandemic. This study uses a literature study research method. In this study, the authors wanted to know how effective distance learning is at SD Negeri Duri Kepa 17 Pagi. This method can be used as an evaluation material in the future for better distance learning.
Keywords: Effectiveness, Distance Learning, Covid-19

 

Dari awal Maret 2020, wabah Virus Corona (Covid-19) di Indonesia terus meningkat, yang akhirnya mendorong pemerintah menerapkan sistem pembatasan sosial skala besar (PSBB) di DKI Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Penerapan sistem ini juga otomatis mendorong peserta didik untuk belajar secara online. Meskipun beberapa sekolah belum pernah menggunakan sistem online untuk pembelajaran selama ini, guru dan siswa terpaksa harus mempersiapkan pelaksanaannya, sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh merupakan cara alternatif untuk memecahkan masalah ini. Pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga merupakan salah satu metode pembelajaran yang direkomendasikan sebagai salah satu bentuk strategi jarak jauh yang diterapkan pada saat wabah Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang efektivitas proses pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literature. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui seberapa efektif pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Duri Kepa 17 Pagi Metode ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kedepannya untuk pembelajaran jarak jauh yang lebih baik.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Covid-19. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19, 8(1), 16.

Darsono, H., Nur Fitri, A., Rahardjo, B., Imanuela, M. Z., & M Lasambouw, C. (2020). Pembelajaran. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Saat Pandemi Covid-19(Kajiandi Politeknik Negeri Bandung), 6.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) … .. 8(1), 496–503.

Lukiyadi. (2008). Pembelajaran. EFEKTIVITAS SISTEM BELAJAR JARAK JAUH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 2(2), 9.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Parwanto, M. (2020). Covid-19. Virus Corona (2019-NCoV) Penyebab COVID-19, 3(1), 2.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhri, G., & Firmansyah, M. (2020). Pembelajaran. Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta, 5(2), 8.

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2015). Pembelajaran. EFEKTIVITASPEMBELAJARANJARAKJAUHDENGANDARINGSELAMAPANDEMICOVID-19MATAPELAJARANPENDIDIKANJASMANIOLAHRAGADANKESEHATAN(PJOK), 21(79), 11.

Supriatna, E. (2020). Covid-19. WabahCorona Virus DiseaseCovid 19DalamPandangan Islam, 7(6), 12.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., & Yulianti, M. (2020). COVID-19. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini, 7(1), 23.

Syafrida, & Hartati, R. (2020). Covid-19. Bersama MelawanVirus Covid 19di Indonesia, 7(6), 16.

Tsaniya Zahra Yuthika Wardhani, H. K. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. 7. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjtsJ6i6LjtAhWGUn0KHd-rAGQQFjACegQIARAC&url=http%3A%2F%2Fjurnal.unpad.ac.id%2Fprosiding%2Farticle%2Fdownload%2F28256%2Fpdf&usg=AOvVaw3VGEr71tjvEA1sI2znIUM4

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19 Aan Widiyono. 8(2), 169–177.

Yuliana. (2020). COVID-19. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 6.

Zahra, A. S., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN TulungAgung dengan adanya kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. 8, 83–89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.